Comscore Tracker

Awal Februari TPU Rorotan Siap Tampung Jenazah COVID-19

Diperuntukkan bagi makam jenazah COVID-19 Muslim

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hingga saat ini terus menyiapkan lahan pemakaman khusus jenazah COVID-19, salah satunya adalah Tempat Pemakanan Umum Rorotan, Jakarta Utara. Rencananya TPU itu bakal segera digunakan pada awal Februari 2021.

"Rencana minggu pertama Februari mulai diopsikan ke sana (TPU Rorotan)," kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Nurcahyo saat dikonfirmasi awak media, Senin (25/1/2021).

 

1. TPU Rorotan diperuntukkan bagi jenazah Muslim

Awal Februari TPU Rorotan Siap Tampung Jenazah COVID-19Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati

Ivan menjelaskan,  TPU Rorotan digunakan untuk mengimbangi kapasitas di TPU Bambu Wulung, Jakarta Timur yang telah dibuka dan digunakan sejak Jumat (22/1/2021)

Dia mengatakan bahwa nanti TPU Rorotan akan diprioritaskan untuk pemakaman jenazah COVID-19 yang beragama muslim.

"Iya (diutamakan untuk pemakaman jenazah COVID-19) yang muslim," kata dia

Baca Juga: Wagub DKI: TPU Rorotan Belum Menampung Jenazah COVID-19

2. Ada 1.500 petak lahan yang disiapkan di TPU Rorotan

Awal Februari TPU Rorotan Siap Tampung Jenazah COVID-19Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020) (IDN Times/Aldila Muharma - Fiqih Damarjati)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sebelumnya mengungkapkan, persiapan TPU Rorotan sebagai lahan pemakaman khusus jenazah COVID-19. Ada sekitar 1.500 petak makam yang dipersiapkan,

"Prinsipnya kita akan menyiapkan kurang lebih 1.500 di tahap satu dan itu dalam waktu dekat ini sudah siap," ujar pria yang kerap disapa Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 20 Januari 2021.

3. DKI fokus gunakan TPU Srengseng Sawah dan Tanah Kusir lebih dulu

Awal Februari TPU Rorotan Siap Tampung Jenazah COVID-19Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati

Walau sebelumnya dia mengklaim TPU Rorotan sudah siap digunakan pada awal 2021, namun hal tersebut belum terealisasi hingga saat ini. Dia menuturkan, keterisian lahan di sejumlah TPU lainnya masih diprioritaskan, salah satunya di TPU Srengseng Sawah dan Tanah Kusir.

Dia mengatakan jika nantinya lahan di TPU tersebut telah terisi penuh, Pemprov DKI Jakarta baru menggunakan TPU Rorotan sebagai opsi untuk pemakaman jenazah COVID-19.

"Tapi kan masih ada, kita masih memprioritaskan menyelesaikan tempat makam yang masih tersisa di daerah-daerah lain masih ada di beberapa titik. Di Srengseng, di Tanah Kusir, di tempat lain nanti baru kita coba masuk ke Rorotan," kata Ariza.

Baca Juga: Wagub DKI: TPU Rorotan Siap Tampung Jenazah COVID-19 Bulan Ini

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya