Beredar Info Syahrul Yasin Limpo Minta Perlindungan, Ini Kata LPSK

Ada empat orang ajukan perlindungan ke LPSK termasuk SYL

Jakarta, IDN Times - Tersebar informasi bahwa Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo alias SYL meminta perlindungan sebagai saksi ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Hal ini diketahui dari beredarnya surat tanda terima pemberian perlindungan dari LPSK kepada SYL di kalangan awak media. Namun, belum ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak LPSK terkait permohonan itu. 

IDN Times telah menghubungi Wakil Ketua LPSK Susilaningtias dan Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi, namun mereka masih enggan berkomentar.

“Maaf belum bisa kasih komentar,” kata dia saat dikonfirmasi, Sabtu (7/10/2023).

Baca Juga: Mentan SYL Dikabarkan Jadi Tersangka, NasDem: Tunggu Pengumuman Resmi

1. Ada empat orang yang ajukan perlindungan ke LPSK termasuk SYL

Beredar Info Syahrul Yasin Limpo Minta Perlindungan, Ini Kata LPSKMenteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo. (dok. YouTube Komisi IV DPR RI)

Dalam surat tanda terima itu, tertulis SYL minta perlindungan sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian. Surat itu diterima LPSK Jumat, 6 Oktober 2023, pukul 15.57 WIB.

Ada empat nama yang diajukan untuk mendapat perlindungan dari LPSK yakni Syahrul Yasin Limpo, Muhammad Hatta, Panji Harjanto, dan Hartoyo.

“Surat permohonan perlindungan saksi, dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi,” bunyi surat itu.

2. SYL mengundurkan diri dari posisi Mentan

Beredar Info Syahrul Yasin Limpo Minta Perlindungan, Ini Kata LPSKMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Seperti diketahui, saat ini Syahrul Yasin Limpo alias SYL tengah terjerat dugaan kasus korupsi. Dia sebelumnya sudah mengajukan pengunduran diri dari posisi Mentan pada Kamis sore. Alasan SYL mundur karena sadar harus fokus menghadapi proses hukum yang menyeretnya.

“Saya sudah menerima laporan daripada Bung Syahrul. Atas nama DPP saya sampaikan segera menghadap Presiden, sampaikan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian. Agar apa? Sekali lagi memberikan penghormatan pada upaya penyidikan yang sedang berlangsung pada dirinya," ujar Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ketika memberikan keterangan pers di NasDem Tower, Kamis (5/10/2023).

3. Kursi Mentan sementara diisi Arief Prasetyo

Beredar Info Syahrul Yasin Limpo Minta Perlindungan, Ini Kata LPSKMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/3/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara itu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo sudah menerima permintaan pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian. Dia telah menandatangani surat pengunduran diri itu pada Kamis (5/10/2023).

"Tadi malam, sudah diberikan kepada saya dari Mensesneg tentang surat pengunduran diri dari Pak Menteri Pertanian. Sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti. Saya juga sudah menandatangani," ungkap Jokowi di Istana Kepresidenan, Jumat (6/10/2023).

Kini Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian menggantikan sementara Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga: KPK Ajukan Larangan Syahrul Yasin Limpo ke Luar Negeri

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya