Comscore Tracker

Busnya Sering Kecelakaan, Transjakarta Bakal Lakukan Audit

Transjakarta gandeng KNKT lakukan penyelidikan

Jakarta, IDN Times - Kecelakaan bus Transjakarta kembali terjadi di Koridor 1 Blok M-Kota pada Jumat (3/12/2021) siang. Bus menabrak separator jalan di depan Ratu Plaza, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat atau di sekitar Halte Bundaran Senayan arah Kota pada 11.40 WIB.

Sebelumnya, kecelakaan bus Transjakarta juga terjadi di koridor 5 PGC-Harmoni pada Kamis (2/12/2021) pukul 12.55 WIB, kala itu bus menabrak pos polisi. Merespons kejadian berulang ini, PT Transjakarta bakal menghentikan operasi sementara armada operator yang mengamali kecelakaan sampai evaluasi mendapat hasil.

Baca Juga: Bus Transjakarta Kecelakaan Lagi, Tabrak Separator di Depan Ratu Plaza

1. Akan laksanakan kerja sama dengan KNKT

Busnya Sering Kecelakaan, Transjakarta Bakal Lakukan AuditHalte Transjakarta Bundaran HI setelah diperbaiki pasca demo (Dok. Humas Transjakarta)

Selain itu, PT Transportasi Jakarta akan melakukan audit keselamatan operasi bekerjasama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Audit ini meliputi dari aspek pramudi yang bertugas, jalan dan armada yang dioperasikan.

"Nantinya hasil rekomendasi dari audit akan dijadikan acuan untuk melakukan perbaikan prosedur keselamatan pelanggan di internal tranjakarta dan di mitra operator. Harapannya agar kejadian serupa tidak terus terjadi dikemudian hari," ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Angelina Betris dalam keterangannya, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Kecelakaan Transjakarta Berulang, Pengamat: Direksi Harus Introspeksi

2. Transjakarta berkomitmen jaga keamanan dan kenyamanan masyarakat

Busnya Sering Kecelakaan, Transjakarta Bakal Lakukan AuditHalte Transjakarta Bundaran HI setelah diperbaiki pasca demo (Dok. Humas Transjakarta)

Angelina juga mengungkapkan evaluasi ini tak hanya berlaku bagi pihak Transjakarta, namun juga untuk pihak operator. 

Transjakarta, kata dia, akan terus melayani masyarakat dengan rasa aman dan nyaman.

"Terima kasih atas kepercayaannya dan Transjakarta siap berbenah untuk pelayanan lebih baik lagi," ujarnya.

Dengan adanya kejadian ini, Transjakarta juga berencana menggelar pembahasan bersama direksi PT Transjakarta pada Sabtu 4 Desember 2021.

3. Transjakarta alami kecelakaan pada Oktober 2021

Busnya Sering Kecelakaan, Transjakarta Bakal Lakukan AuditIlustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Arief Rahmat)

Bukan hanya dua kecelakaan di atas, Transjakarta juga pernah mengalami kecelakaan pada Oktober 2021 di halte Cawang Ciliwung Jalan MT Haryono Jakarta Timur pada Senin (25/10/2021), sekitar pukul 9.40 WIB.

Dua orang tewas dalam peristiwa itu, termasuk sopir berinisial J tersebut. Selain itu banyak penumpang dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka. Sopir disebut menderita epilepsi.

Baca Juga: Kecelakaan Transjakarta di Sudirman, Diduga Sopir Tak Konsentrasi

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya