Cek 20 Video CCTV Kasus Brigadir J, Komnas HAM: Tak Ada Editan

Rekaman CCTV gambarkan perjalanan Brigadir J

Jakarta, IDN Times - Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menjelaskan ada lebih dari 20 video rekaman CCTV dari 27 titik yang diperiksa Komnas HAM pada hari ini

Anam mengklaim bahwa rekaman dalam video CCTV itu dipastikan tidak disunting ulang atau diedit.

"Video itu dijelaskan secara scientific satu, apakah video itu atau bahasa umumnya apakah ada editing atau tidak? Tadi dijelaskan tidak ada, gak ada (editing) secara scientific," ujar dia saat Konferensi Pers di Kantor Komnas HAM, Rabu (27/7/2022).

Anam mengatakan, dalam pemeriksaan rekaman CCTV ada mekanisme yang digunakan yakni kalibrasi.

"Itu juga dijelaskan bagaimana mekanisme kalibrasinya. Barulah kita tonton videonya, tonton videonya bagaimana orang orang atau mobil kan itu tidak hanya orang juga mobil yang dalam video itu, dalam kondisi baik semuanya," kata dia.

Dalam rekaman CCTV yang dilihat Komnas HAM Brigadir J terlihat masih hidup dan bercengkrama bersama kelurga eks Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, termasuk di antaranya adalah Istri Ferdy yakni Putri Chandrawathi

Rekaman CCTV ini adalah gambaran perjalanan Brigadir J atau atau Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat dari Magelang menuju Jakarta.

Rombongan juga sempat melakukan proses PCR di rumah di Duren Tiga yang disebut Komnas HAM bukan TKP meninggalnya Brigadir J.

Baca Juga: Komnas HAM Akan Cek Rekaman CCTV hingga Ponsel Brigadir J 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya