Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Benarkah Prabowo Beli APD dari Tiongkok Gunakan Uangnya?

Ternyata Prabowo hanya serahkan bantuan dari Tiongkok

Jakarta, IDN Times - Pandemi virus corona yang saat ini terjadi menyebabkan semakin menipisnya  stok alat perlindungan diri (APD) bagi petugas medis yang bekerja merawat pasien virus corona.

Di media sosial Facebook tersebar berita terkait Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang membeli APD dari Tiongkok dengan uang pribadinya. Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwa informasi tersebut adalah bohong alias hoaks.

1. Ada unggahan bernarasikan Prabowo membeli APD dengan uang sendiri

[CEK FAKTA] Benarkah Prabowo Beli APD dari Tiongkok Gunakan Uangnya?Hoaks yang dihimpun Kemkominfo (Dok. Kemkominfo)

Salah seorang pengguna Facebook mengunggah artikel yang berjudul
"APD yang baru datang dari China di angkut dengan pesawat TNI itu...Ternyata atas inisiatif dan dibeli Pakai uang pribadi Pak Prabowo".

Pengunggah status tersebut juga menambah keterangan yang bernarasikan.

"Menteri Pertahanan republik Indonesia itu Top Markotop....! Rehab Kantor Uang Sendiri, Mobil Dinas Pakai Mobil Sendiri, Beli Peralatan dan Obat Virus Corona Juga Pakai Duit Sendiri. Gaji di Santuni Utk Pakir Miskin. Ada 5 Mentri di NKRI Ini, Wow Mantap & HEBAT," tulis pengguna akun Facebook yang telah disamarkan namanya.

Baca Juga: Petugas Medis di Indonesia Mendapat Pesan dari Prabowo Subianto  

2. Ternyata Prabowo hanya serahkan bantuan dari Tiongkok

[CEK FAKTA] Benarkah Prabowo Beli APD dari Tiongkok Gunakan Uangnya?Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kanan) berbincang dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) disaksikan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono (kiri) dan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal (kedua kiri) saat tiba di Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepualauan Riau, Rabu (5/2/2020) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Berdasarkan hasil penelusuran IDN Times, Prabowo tidak menggunakan uang pribadinya untuk membeli APD dari Tiongkok. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya artikel berjudul “Menhan Prabowo Subianto Serahkan Bantuan Alkes dari Tiongkok Untuk Rumah Sakit Rujukan Penanganan COVID-19”, yang tulis dalam situs resmi Kementerian Pertahanan, tepatnya di kemhan.go.id.

Prabowo hanya menyerahkan bantuan alat kesehatan dari Tiongkok untuk sejumlah rumah sakit rujukan virus corona di sejumlah wilayah Indonesia.

3. Bantuan ini diserahkan secara simbolis di Bandara Halim Perdana Kusuma

[CEK FAKTA] Benarkah Prabowo Beli APD dari Tiongkok Gunakan Uangnya?Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Dalam artikel tersebut, dituliskan bahwa Menhan menyerahkan bantuan alat kesehatan (Alkes) dari Republik Rakyat Tiongkok yang akan dipergunakan untuk penanganan virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Prabowo kepada perwakilan rumah sakit yang ditunjuk sebagai RS rujukan penanganan virus corona. Penyerahan simbolis itu dilakukan pada Senin (23/3) di Base Ops TNI AU, Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN: Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com

Baca Juga: Berterima Kasih Pada Pemerintah Tiongkok, Prabowo: Kita Harus Kompak!

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya