Contohkan Olimpiade Tokyo, Wagub DKI Yakin Formula E Bisa Digelar

Agenda masih bisa dilaksanakan dengan pola berbeda

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan agenda Formual E sudah direncanakan sejak 2020 dan ditunda karena pandemik COVID-19. Pihaknya pun berencana melaksanakan agenda balap ini pada Juni 2022.

Namun, rencana tersebut pun menimbulkan polemik, bahkan muncul anggapan rasa krisis Pemprov DKI berkurang. Menanggapi hal tersebut, Riza mengungkapkan semua agenda internasional juga tetap dijadwalkan meski pandemik COVID-19, misalnya Olimpiade Tokyo 2020.

"Semua event internasional di dunia kan tetap dijadwalkan sejauh dimungkinkan pelaksanaannya, seperti kemarin Olimpiade di Tokyo," ujar Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis (19/8/2021) malam.

1. Pola penyelenggaraan berbeda dengan sebelum pandemik

Contohkan Olimpiade Tokyo, Wagub DKI Yakin Formula E Bisa DigelarWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Selasa (9/3/2021) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Ia mengakui ada sejumlah agenda internasional mengalami perubahan waktu pelaksanaan. Tak hanya itu, pola penyelenggaraannya pun sudah berubah menyesuaikan pandemik COVID-19.

"Memang sekarang kan polanya berubah, tidak lagi menghadirkan penonton sebanyak-banyaknya tapi eventnya kan tetap," kata dia.

Baca Juga: PSI dan PDIP Jadi Interpelasi Anies soal Formula E 

2. Riza sebut event internasional bisa tetap jalan dengan protokol kesehatan

Contohkan Olimpiade Tokyo, Wagub DKI Yakin Formula E Bisa DigelarWakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria saat memantau pelaksanaan vaksinasi keliling di Kelurahan Cipedak, Jakarta Selatan, Rabu (14/7/2021). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Riza berharap jangan sampai pandemik COVID-19 mengurungkan kesempatan sejumlah pihak untuk melaksanakan kegiatan yang bisa mengukir prestasi. 

"Namun semua harus sesuai dengan protokol kesehatan. Olimpiade di Tokyo kemarin kan berlangsung dengan baik. Dan event-event lainnya juga banyak internasional tetap dilaksanakan," kata dia.

3. Sejumlah anggota DPRD ajukan hak interpelasi soal Formula E

Contohkan Olimpiade Tokyo, Wagub DKI Yakin Formula E Bisa DigelarFacebook.com/AniesBaswedan

Isu pelaksanaan Formula E memang tak pernah sepi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Gubernur Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022 yang diinstruksikan ke Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta.

Salah satu isu prioritas Anies adalah penyelenggaraan ajang balap Formula E, yang ditargetkan bisa digelar pada Juni 2022. Total ada 28 isu prioritas yang dimasukkan Anies dalam Ingub tersebut.

Namun, sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta merasa Anies terbilang ngotot dan malah menghamburkan uang. Fraksi PDI-P dan PSI pun berencana mengajukan hak interpelasi pada Anies dan tengah mengumpulkan tanda tangan anggota.

"Kami ingin bertanya ini uang rakyat yang dipakai untuk Formula E dengan penjadwalan belum jelas," kata Wakil Ketua Fraksi PDIP Ima Mahdiah Rabu (18/8/2021).

Baca Juga: Wakil Ketua DRPD DKI: Pengajuan Interpelasi Formula E Kurang Tepat

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya