Daftar Nama Keluarga Rafael Alun yang Dicegah Imigrasi ke Luar Negeri

Empat anggota keluarga dan satu Kepala KKP Jaktim dicekal

Jakarta, IDN Times - Nama istri, adik, dan anak-anak mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo (RAT) masuk dalam sistem daftar pencegahan ke luar negeri yang diterbitkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

“Saat ini, semua nama tersebut tercantum dalam sistem daftar pencegahan, berlaku 13 April 2023 sampai dengan 13 Oktober 2023,” kata Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh lewat pesan singkta, dilansir Sabtu (15/4/2023).

Baca Juga: Keluarga Rafael Alun dan Wahono Saputro dicegah ke Luar Negeri

1. Daftar pencegahan terdiri dari empat keluarga Rafael dan satu KKP Jaktim

Daftar Nama Keluarga Rafael Alun yang Dicegah Imigrasi ke Luar NegeriTersangka kasus gratifikasi selama bekerja di Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo berjalan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (10/4/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Nama-nama anggota keluarga Rafael yang tercantum dalam sistem daftar pencegahan ke luar negeri adalah Ernie Meike Torondek selaku istri Rafael Alun, Gangsar Sulaksono selaku adik Rafael Alun, serta Angelina Embun Prasasya dan Christofer Dhyaksa Darma selaku anak dari Rafael Alun.

Bukan hanya keluarga Rafael Alun yang masuk dalam sistem daftar pencegahan itu. Ada nama lain yang masuk dalam daftar pencegahan, yakni Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur Wahono Saputro.

Baca Juga: Rafael Alun Dicecar soal Bukti Dugaan Gratifikasi yang Ditemukan KPK

2. Rafael Alun diduga terima gratifikasi selama 12 tahun

Daftar Nama Keluarga Rafael Alun yang Dicegah Imigrasi ke Luar NegeriMantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo (kanan) berjalan dengan mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (3/4/2023). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

KPK resmi menahan mantan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Rafael Alun Trisambodo pada hari Senin (3/4/2023). Dia ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan menerima gratifikasi dari beberapa wajib pajak atas pengondisian berbagai temuan pemeriksaan perpajakannya.

Rafael diduga menerima gratifikasi lebih dari satu dasa warsa yakni 12 tahun.

Baca Juga: Kronologi Raffi Ahmad Terseret Kasus Rafael Alun, Bantah Terlibat

3. Rafael diduga punya sejumlah perusahaan

Daftar Nama Keluarga Rafael Alun yang Dicegah Imigrasi ke Luar NegeriMantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Rafael diduga punya sejumlah perusahaan, di antaranya PT Artha Mega Ekadhana (AME) yang bergerak di bidang jasa konsultasi terkait dengan pembukuan dan perpajakan. Rafael diduga menerima aliran uang sebesar 90.000 dolar Amerika Serikat melalui PT AME.

Selain itu, penyidik menyita safety deposit box (SDB) berisi uang sejumlah sekitar Rp32, 2 miliar yang tersimpan dalam di salah satu bank dalam bentuk pecahan mata uang dolar AS, mata uang dolar Singapura, dan mata uang euro.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya