Dear Gen Z, Sekarang Ada Teman Virtual Bisa Ngobrol Seputar Pelajaran

Asterbot adalah fitur unggulan Aku Pintar Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah memperbaharui kurikulum menjadi Kurikulum Merdeka. Integrasi Artificial intelligence (AI) berbasis Kurikulum Merdeka diupayakan untuk pengembangan diri dan karakter siswa dalam belajar. 

Upaya pengembangan siswa juga berupaya diimplementasikan melalui aplikasi Aku Pintar Indonesia. Fitur yang ada memudahkan siswa mengetahui minat bakat, passion, dan kemampuannya. 

“Setiap fitur yang dimiliki oleh Aku Pintar sebelum direlease, kami pastikan sudah mengkaji lebih dalam sebelumnya, terlebih fokus kami saat ini untuk dapat terus memperbaharui setiap fitur, agar dapat selaras dengan kurikulum milik pemerintah, yaitu Kurikulum Merdeka,” kata CEO Aku Pintar Indonesia, Prasetya Gilang, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga: Peran Artificial Intelligence dalam Layanan Kesehatan

1. Konselor AI pendidikan pertama di Indonesia

Dear Gen Z, Sekarang Ada Teman Virtual Bisa Ngobrol Seputar PelajaranAplikasi Aku Pintar Indonesia (Dok. API)

Gilang menjelaskan fitur-fitur terbaru Aku Pintar Indonesia memperbaharui sistem agar sesuai dengan kurikulum pemerintah. Salah satunya dengan memberi rekomendasi mata pelajaran setelah mengikut tes penjurusan, dengan harapan murid dapat lebih fokus belajar sesuai minat dan bakatnya.

Hal ini dilakukan dengan Artificial intelligence (AI) Chatbot yang jadi teman ngobrol siswa. Dinamakan Asterbot, fitur ini konselor AI pendidikan pertama di Indonesia.

“Fitur terbaru dan akan menjadi fitur unggulan dari Aku Pintar, yaitu AI Chatbot, di mana fitur ini kami namakan Asterbot yang menjadi konselor AI pendidikan pertama di Indonesia, dengan harapan dapat menjadi teman ngobrol murid-murid di setiap situasi dalam membahas pelajarannya,” katanya.

2. Teknologi AI untuk jawab pertanyaan siswa

Dear Gen Z, Sekarang Ada Teman Virtual Bisa Ngobrol Seputar Pelajaranilustrasi media sosial (IDN Times/Aditya Pratama)

Memiliki teman berbincang selama menjalani jenjang pendidikan, jadi salah satu kebutuhan yang cukup penting, baik saat SMA maupun SMK, hingga masa perkuliahan. 

Namun, hal tersebut menjadi salah satu masalah ketika siswa lebih nyaman bertanya dengan teman sebangkunya saja, keduanya berada pada situasi yang sama dalam mengeksplorasi diri sendiri, dan membutuhkan seseorang yang lebih berpengalaman untuk berbagi cerita. 

Oleh karena itu, teknologi AI yang dimiliki Asterbot diharapkan dapat menjadi sosok teman yang mampu menjawab pertanyaan siswa tanpa dipungut biaya.

Baca Juga: Begini Cara Artificial Intelligence Bantu Urai Macet di DKI Jakarta

3. Produk tes psikologi hingga rekomendasi jurusan

Dear Gen Z, Sekarang Ada Teman Virtual Bisa Ngobrol Seputar PelajaranIlustrasi kegiatan belajar mengajar siswa (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dalam upaya mendukung perjalanan murid dan menjadi teman siswa kelas 12 menuju kampus impian, Aku Pintar Indonesia juga mengeluarkan beberapa produk paket lengkap, di antaranya tes psikologi untuk menentukan potensi dan rekomendasi jurusan, kelas pembekalan materi, dan tryout agar dapat lolos di kampus yang dituju.

Ada juga beberapa produk untuk mengasah soft skill untuk semua jenjang, seperti kursus bahasa, podcast, public speaking, dan lainnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya