Ditanya soal Sowan ke SBY, Anas Urbaningrum Malah Ingin Makan Bakso 

Eks Ketum Demokrat itu sebut silaturahmi tak bisa dipaksa

Jakarta, IDN Times - Ketua Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Anas Urbaningrum, mengungkapkan, dirinya belum berencana menemui Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Dia mengatakan, dalam waktu dekat, hanya ada rencana untuk mencicipi bakso Sukowati yang disebutnya berada di Cikeas, Bogor. Padahal, kediaman SBY juga berada dikawasan Puri Cikeas, Bogor.

Namun, Anas mengaku ingin menikmati bakso tersebut bersama I Gede Pasek Suardika, mantan Ketum PKN yang kini menjadi Majelis Agung PKN.

"Saya sama Pak Pasek sedang merencanakan makan bakso Sukowati," kata dia saat ditemui di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (15/7/2023).

Baca Juga: Jadi Ketum PKN, Anas Urbaningrum Ingatkan Jangan Sombong dan Arogan

1. Silaturahmi tak bisa dipaksakan

Ditanya soal Sowan ke SBY, Anas Urbaningrum Malah Ingin Makan Bakso Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) periode 2023-2028 Anas Urbaningrum (IDN Times/Lia Hutasoit)

Anas sendiri sebelumnya merupakan politikus senior Partai Demokrat. Namun, Anas harus lengser dari kursi Ketua Umum Demokrat karena tersandung kasus korupsi Hambalang pada 2010-2012.

Dia mengatakan, silaturahmi adalah suatu hal yang baik, namun tidak menampik bahwa silaturahmi tidak bisa dipaksakan.

"Silaturahmi itu hal yang baik, tapi itu juga tidak bisa dipaksakan waktunya, tempatnya," kata Anas.

Baca Juga: Seruan 'Hidup SBY-Demokrat' Bergema Saat Demo RUU Kesehatan di DPR

2. Belum tentukan arah koalisi

Ditanya soal Sowan ke SBY, Anas Urbaningrum Malah Ingin Makan Bakso Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) periode 2023-2028 Anas Urbaningrum (IDN Times/Lia Hutasoit)

Anas harus mendekam di penjara selama 8 tahun lantaran tersangkut kasus gratifikasi dalam proyek Hambalang. 

Setelah bebas, kini dia menjadi Ketua Umum PKN. Namun, ia mengaku belum ingin membahas rencana koalisi untuk Pemilu 2024. Baginya, arah koalisi akan dibahas dengan pertimbangan yang matang. 

"Arah koalisi pasti tidak ditentukan oleh mimpi, arah koalisi akan dibahas sungguh-sungguh di dalam partai dengan pertimbangan-pertimbangan matang," kata dia.

Baca Juga: Hak Politik Dicabut, Anas Urbaningrum Tetap Jadi Ketum PKN

3. Komunikasi dengan partai manapun termasuk Demokrat

Ditanya soal Sowan ke SBY, Anas Urbaningrum Malah Ingin Makan Bakso Anas Urbaningrum (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Anas mengaku masih banyak waktu untuk membicarakan arah koalisi PKN ke depannya. Menurut dia, butuh waktu untuk melakukan hal itu. 

"Tentu tidak hari ini ,itu butuh waktu. Pilpres kan pendaftarannya baru bulan Oktober kan sekarang pun belum ada capres atau cawapres, yang ada baru bakal capres, bakal cawapres," ujar dia. 

Dia mengatakan, akan melakukan komunikasi dengan partai manapun, termasuk Demokrat.

"Semua partai buat PKN tidak ada yang musuh. Karena kalau semua partai komunikasi itu hal yang wajah. Tetapi intensitas komunikasinya seperti apa, titik temunya seperti apa, itu soal nanti," katanya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Jadi Ketum PKN, Anas Urbaningrum Ingatkan Jangan Sombong dan Arogan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya