Dugaan Pelecehan, Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Lapor Polisi

Finalis diduga difoto tanpa busana

Jakarta, IDN Times - Finalis Miss Universe Indonesia (MUID) melapor ke Polda Metro Jaya soal dugaan pelecehan seksual kepada finalis ajang kecantikan itu.

Perwakilan finalis berinisial PKN bersama kuasa hukumnya, Mellisa Anggraini mengatakan dugaan pelecehan ini terjadi jelang grand final.

"(Akan) melakukan pelaporan terhadap dugaan adanya pelecehan yang dilakukan oleh MUID," kata dia di Polda Metro Jaya, Senin (7/8/2023).

"Dari proses mereka menggelar acara Miss Universe sebelum dilakukannya grand final ada beberapa peristiwa yang terjadi ya dan itu diindikasi dugaan pelecehan," kata Melissa.

1. Ada sejumlah korban dalam dugaan kasus pelecehan ini

Dugaan Pelecehan, Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Lapor PolisiKuasa hukum perwakilan finalis Miss Universe Indonesia (MUID) Mellisa Anggraini laporkan dugaan pelecehan seksual ke Polda Metro Jaya (dok. IDN Times/Istimewa)

Mellisa mengatakan, ada sejumlah korban yang turut melaporkan kasus dugaan pelecehan seksual dalam acara Miss Universe Indonesia 2023 itu. Saat pelaporan berlangsung Mellisa membawa salah satu korban yakni PKN.

"Ada banyak korban yang sudah menyampaikan kepada kita," kata Mellisa.

"Ada beberapa nanti. Ini salah satu korban yang dibawa. Inisialnya PKN," katanya.

Baca Juga: Alami Pelecehan Seksual, 80 Pramuka Jambore Korsel Undur Diri

2. Belum secara detail jelaskan

Dugaan Pelecehan, Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Lapor PolisiKuasa Hukum David, Mellisa Anggraini di Polda Metro Jaya. (IDN Times/Amir Fasiol)

Dia tidak secara detail menjelaskan dugaan pelecehan apa yang diterima oleh para finalis Miss Universe Indonesia. Kini pihaknya langsung berkonsultasi pada polisi dengan membuat pelaporan di SPKT (sentra pelayanan kepolisian terpadu).

"Kita duga dilanggar oleh Miss Universe Indonesia makanya hari ini kita mau langsung melaporkan di SPKT. Nanti kita sampikan ya tapi hari ini kita fokus pada dugaan pelecehan yang dialami," kata dia.

3. Skandal finalis MUID 2023

Dugaan Pelecehan, Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Lapor PolisiPotret Kompilasi Hari Pertama Bootcamp Miss Universe Indonesia 2023 (Instagram.com/missuniverse_id)

Belakangan memang ajang Miss Universe Indonesia 2023 tengah menjadi pembicaraan. Kontes kecantikan ini dikabarkan melakukan pemeriksaan tubuh finalis dengan cara telanjang dan dipotret.

Kontes kecantikan yang baru digelar pertama kali ini semakin memunculkan kontroversi usai CEO dan Direktur Visual Miss Universe Indonesia mundur dari jabatannya.

Baca Juga: Anak Berkebutuhan Khusus Jadi Korban Pelecehan Pria 55 Tahun

4. Finalis diduga foto tanpa busana

Dugaan Pelecehan, Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Lapor PolisiMahkota Miss Universe Indonesia 2023 (Dok.UBS Gold)

Kasus ini bergulir usai Director Miss Universe Indonesia Bali yakni Sally Giovanny mengunggah Instagram story yang berisi percakapannya dengan Regional Director Jawa Barat Rizky Ananda.

Melalui unggahan cerita di Instagram pribadinya @saly.giovanny, dia mengungkapkan ketentuan body check Miss Universe Indonesia 2023. Finalis diminta tampil tanpa busana, padahal terdapat dua pria dalam ruangan tersebut.

Bukan hanya itu saja, dia juga membeberkan bahwa para finalis juga diambil potretnya saat melakukan body check yang dikhawatirkan bisa disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya