Tim RSCM-FKUI Cari Donor Plasma Darah dari Mantan Pasien COVID-19

Mari bantu pasien virus corona kategori berat

Jakarta, IDN Times - Tim Peneliti Plasma Konvalesen Rumah Sakit Cipta Mangunkusumo/Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengumpulkan pasien COVID-19 yang sudah sembuh, agar bersedia memberikan plasma darah mereka. Plasma darah ini akan digunakan untuk mengobati pasien virus corona.

"Plasma darah yang diperoleh akan diberikan untuk penderita COVID-19 dengan gejala berat," ujar anggota tim peneliti dr Robert Sinto, dalam keterangan tertulis, Kamis (30/4).

1. Setiap pendonor harus laki-laki di atas 18 tahun dan dinyatakan sembuh dari virus corona

Tim RSCM-FKUI Cari Donor Plasma Darah dari Mantan Pasien COVID-19Simulasi penanganan pasien terinfeksi virus corona oleh tim medis di RSU Anutapura Palu. (IDN Times/M Faiz Syafar)

Tim peneliti juga menyertakan protokol persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendonor. Robert mengatakan setiap pendonor harus berjenis kelamin laki-laki yang berusia di atas 18 tahun dan telah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

"Yang pernah terbukti positif pada pemeriksaan swab COVID-19 dan telah dinyatakan sembuh melalui dua kali pemeriksaan swab negatif," ujar dia.

Tim RSCM-FKUI Cari Donor Plasma Darah dari Mantan Pasien COVID-19(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Pandemik Virus Corona, Baca Surat Pakar Virus untuk Anak-anaknya

2. Partisipasi sangat diharapkan untuk menyelamatkan pasien virus corona kategori berat

Tim RSCM-FKUI Cari Donor Plasma Darah dari Mantan Pasien COVID-19Ilustrasi rapid test (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Maka itu, Robert dan timnya sangat mengharapkan partisipasi mereka yang telah disetujui, agar bisa menolong penderita COVID-19 yang masuk kategori berat.Robert dan timnya sangat mengharapkan partisipasi mereka yang telah dinyatakan sembuh, agar bisa menolong penderita COVID-19 yang masuk kategori berat.

"Besar harapan kami, saudara berkenan membantu kami menolong penderita COVID-19 berat. Kiranya saudara dapat menghubungi dr William: 081219973852, terima kasih," kata dia.COVID-19 berat. Kiranya saudara dapat menghubungi dr William: 081219973852, terima kasih," kata dia.

3. Mayoritas pasien dipulihkan secara nasional adalah laki-laki

Tim RSCM-FKUI Cari Donor Plasma Darah dari Mantan Pasien COVID-19Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan, mayoritas pasien yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19 adalah kelompok laki-laki. Hingga Rabu (29/4), kasus virus corona di Indonesia yang dinyatakan sembuh sebanyak 1.391 orang.

"Kemudian, distribusi kondisi kasus positif COVID-19 yakni sebanyak 59 persen laki-laki dan 41 persen adalah perempuan," ujar pria yang kerap disapa Yuri tersebut, melalui siaran langsung di TVRI, Rabu (29/4).

Kini jumlah kasus positif virus corona di Indonesia yang terkonfirmasi adalah berjumlah 9.771 orang dan total pasien meninggal dunia sebanyak 784 orang per Rabu (29/4).

https://www.youtube.com/embed/cAOQYflb05U

Baca Juga: [LINIMASA-2] Perkembangan Terkini Wabah Virus Corona di Indonesia

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya