Comscore Tracker

Gegara Virus Corona, Pasar Tanah Abang Tutup Mulai Besok

Rencananya baru akan dibuka lagi per 5 April 2020

Jakarta, IDN Times - Perumda Pasar Jaya melakukan penutupan sementara pasar yang berada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai dari Blok A, Blok B, dan Blok F. Hanya pasar Blok G yang dibuka, namun dibatasi pedagang bahan pangan saja yang bisa berjualan.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasruddin mengatakan penutupan ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Penutupan dilakukan besok, per tanggal 27 Maret–5 April mendatang, seluruh aktivitas perdagangan di pasar tersebut kita liburkan sementara, ini merupakan salah satu langkah pencegahan dan penyebaran COVID-19," ujar dia melalui keterangan resmi, Kamis (26/3).

1. Banyak pembeli datang dari mancanegara jelang bulan suci ramadan

Gegara Virus Corona, Pasar Tanah Abang Tutup Mulai Besok(Skybridge Tanah Abang) ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Hal ini berkaitan karena pengunjung Pasar Tanah Abang selalu meningkat jelang bulan suci ramadan.

Pengunjung juga tidak hanya berasal Jakarta dan sekitarnya, melainkan banyak pembeli juga berdatangan dari luar daerah hingga mancanegara.

"Sehingga perlu dilakukan pembatasan agar penyebaran COVID-19 bisa dicegah di pasar tekstil terbesar se-Asia Tenggara tersebut," kata dia.

Baca Juga: Anies Minta Warga Jakarta Tidak Pulang Kampung selama Pandemi COVID-19

2. Sudah lakukan komunikasi dan sosialisasi ke pedagang

Gegara Virus Corona, Pasar Tanah Abang Tutup Mulai BesokIDN Times/Ashari Arief

Manajemen pasar, kata Arief telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para pedagang terkait keputusan ini.

Karena jelang ramadan adalah waktu yang sangat penting bagi para pedagang, biasanya di momen seperti itu penjualan mereka cukup meningkat dari biasanya.

“Untuk penutupan ini tentu sudah dilakukan komunikasi dan sosialisasi kepada pedagang terlebih dahulu, kita sampaikan beberapa hal untuk adanya pengertian bersama di antara para pedagang dan juga manajemen, untuk ini baik pedagang dan manajemen sepakat untuk menutup bersama area pasar hingga batas waktu tersebut,” kata dia.

3. Antisipasi yang sudah dilakukan Pasar Jaya selama wabah COVID-19

Gegara Virus Corona, Pasar Tanah Abang Tutup Mulai Besok(Skybridge Tanah Abang) ANTARA FOTO/ Muhammad Adimaja

Sebelumnya, sejumlah langkah telah dilakukan Pasar Jaya untuk menekan penyebaran COVID-19 di pasar Tanah Abang.

Salah satunya adalah dengan melakukan pembatasan pintu akses masuk ke dalam pasar, mengecek suhu tubuh pedagang dan masyarakat yang akan masuk

"Jika ada pedagang dan masyarakat yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius maka dilakukan sejumlah penanganan khusus," ujar dia.

Pihaknya juga menyediakan hand sanitizer bagi pedagang dan masyarakat yang akan masuk ke dalam area pasar, serta melakukan disinfektan ke area pasar mulai dari sarana berjualan, kantor, fasilitas dan sarana ibadah yang ada.

Baca Juga: COVID-19 di Jakarta, PSI Sarankan Anies Terapkan 3 Metode Karantina

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya