Hari Bhakti Imigrasi ke-73, Menkumham: Perlu Kembangkan Inovasi 

Inovasi guna akselerasi percepatan roda ekonomi

Jakarta, IDN Times - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly memimpin Apel Hari Bhakti Imigrasi ke- 73 di Lapangan Gedung Kemenkumham, Kamis, (26/1/2023). Dalam sambutannya, Yasonna mengatakan, salah satu fungsi Direktorat Jenderal Imigrasi adalah sebagai pendorong kemajuan ekonomi bangsa sehingga harus terus mengembangkan inovasi.

“Imigrasi harus selalu mengembangkan berbagai inovasi serta penerapan berbagai kebijakan yang kiranya dapat mengakselerasi percepatan roda ekonomi serta melibatkan seluruh elemen masyarakat," kata dia, Kamis.

Imigrasi dinilai sudah berhasil melewati tantangan dalam berbagai zaman. Namun, keberhasilan yang ada masih perlu penyesuaian seiring dengan perkembangan zaman dan situasi global.

Dia pun mengapresiasi berbagai capaian inovasi dan prestasi yang telah dihasilkan, baik berupa fasilitas pelayanan masyarakat, kegiatan penegakan hukum, maupun fasilitator pembangunan ekonomi

Baca Juga: Ambil Paspor di Imigrasi Jakarta Timur Bisa Dikirim Lewat Marketplace

1. Imigrasi perlu berikan kemudahan menarik investor asing

Hari Bhakti Imigrasi ke-73, Menkumham: Perlu Kembangkan Inovasi Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 (dok. Kemenkumham)

Dia mengingatkan, sebagai fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat, maka Dirjen Imigrasi perlu memberikan berbagai kemudahan untuk menarik investor-investor asing melalui program Golden Visa. Termasuk memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan melalui sistem yang sudah terkoneksi dan terintegrasi secara luas.

“Sebagai fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat, Imigrasi harus mampu memberikan pelayanan keimigrasian yang terbaik bagi masyarakat sekaligus melaksanakan fungsi penegakan hukum demi keamanan negara,” kata Yasonna

Baca Juga: Prosedur Pelaporan WNA Hilang di Bali, Data Dicocokkan di Imigrasi

2. Fungsi imigrasi pada bidang penegakan hukum

Hari Bhakti Imigrasi ke-73, Menkumham: Perlu Kembangkan Inovasi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai Sugito saat meninjau persiapan petugas imigrasi menyambut partisipan G20 di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada Rabu (2/11/2022). (dok. Ditjen Imigrasi Indonesia)

Fungsi Imigrasi di bidang penegakan hukum, kata dia, akan beriringan dengan fungsi pelayanan dan tidak akan saling bertentangan.

Selain itu, kata Yasonna, memberikan kepastian hukum kepada masyarakat adalah bentuk tertinggi dalam pelayanan sehingga masyarakat merasa nyaman dan tidak merasakan diskriminasi.

Baca Juga: KUHP Bikin Khawatir, Menteri Yasonna Buat Klarifikasi ke Pihak Asing 

3. Imigrasi perlu lakukan kerja sama efektif dengan berbagai institusi

Hari Bhakti Imigrasi ke-73, Menkumham: Perlu Kembangkan Inovasi Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 (dok. Kemenkumham)

Sebagai sebuah institusi, Yasonna mengatakan, Direktorat Jenderal Imigrasi perlu melakukan kerja sama yang efektif dengan berbagai institusi terkait. Terutama dengan institusi yang mempunyai fungsi pengamanan perbatasan dan penjagaan stabilitas wilayah Indonesia.

Kerja sama secara sistem antara Direktorat Jenderal Imigrasi dan kementerian atau lembaga terkait lain, kata Yasonna, bukan hal yang mustahil akan memperkuat sistem yang sudah ada dalam menjaga kedaulatan Republik Indonesia.

Termasuk kerja sama dengan pihak internasional untuk meningkatkan kemampuan sistem disertai berbagai beasiswa pendidikan dan pelatihan untuk tingkatkan kualitas Imigrasi sebagai human capital penggerak inovasi.

Baca Juga: Menkumham Yasonna Minta Maaf jika Proses RKUHP Ada Kekurangan 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya