Hari Ibu, Menteri PPPA Ziarah dan Sambangi Istri Pejuang Bengkulu

Hari ibu jadi motivasi dan inspirasi perempuan

Bengkulu, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga memulai kegiatan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-94 tahun 2022 di Bengkulu dengan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Balai Buntar, Bengkulu.

Ini adalah bagian dari agenda dengan melangsungkan gelaran acara bakti sosial (baksos) kepada keluarga pejuang yang ada di Bengkulu.

"Tentunya kegiatan ini tidak hanya ziarah, tapi kita rangkaikan, kalau di TMP (Kalibata) kita lakukan baksos dengan petugas makam, ini di Bengkulu akan kita lakukan juga pada para pejuang perempuan dan istri para pejuang di Bengkulu," ujar Bintang di TMP Balai Buntar, Bengkulu, Rabu (21/12/2022).

Prosesi ziarah dipimpin Bintang dan diikuti oleh jajaran KemenPPPA, Pemerintah Provinsi Bengkulu, istri Gubernur Jawa Barat sekaligus Ketua TP PKK Jawa Barat Atalia Praratya dan para undangan. Rangkaian bunga juga diletakkan sebagai tanda jasa perjuangan para pahlawan Indonesia.

Tabur bunga diberikan ke makam pahlawan perempuan, Siti Chotijah serta para pahlawan perempuan lainnya.

1. Hari ibu jadi monen inspirasi dan motivasi

Hari Ibu, Menteri PPPA Ziarah dan Sambangi Istri Pejuang BengkuluMenteri PPPA Bintang Puspayoga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Balai Buntar, Bengkulu bersama jajaran KemenPPPA, Pemerintah Provinsi Bengkulu, istri Gubernur Jawa Barat sekaligus Ketua TP PKK Jawa Barat Atalia Praratya dan para undangan untuk ziarah dalam rangka PHI ke-94 tahun 2022. (IDN Times/Lia Hutasoit)

Bintang berharap, momentum hari Ibu dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” jadi monentum inspirasi dan motivasi bagi perempuan-perempuan Indonesia. Karena menurutnya perempuan Indonesia adalah tangguh, hebat dan luar biasa.

"Terbukti bagaimana perempuan mengambil peran di dalam merebut kemerdekaan, dan sekarang ini para perempuan di masa kini dan masa depan bagaimana melanjutkan mengisi kemerdekaan ini," ujarnya.

Baca Juga: Menteri PPPA Respons Desakan Pengesahan RUU PPRT: Perlu Kolaborasi 

2. Bintang sambangi istri pejuang bengkulu dan napak tilas perjalanan Fatmawati

Hari Ibu, Menteri PPPA Ziarah dan Sambangi Istri Pejuang BengkuluRumah Ibu Fatmawati Soekarno di Bengkulu (IDN Times/Lia Hutasoit)

Rangkaian acara dilanjutkan dengan menyambangi istri pejuang Nuraini yang berada di Sumur Dewa, Selebar. Serta istri pejuang lainnya yakni Ngatiyem yang berada di Kelurahan Surabaya, Sungai Serut.

Bintang juga menuju ke Rumah Fatmawati Soekarno untuk napas tilas perjuangan dari istri presiden pertama Soekarno tersebut serta mencicipi hidangan khas yang disukai Fatmawati.

Baca Juga: Hari Ibu, Menteri PPPA Ajak Perempuan Belajar dari Sosok Fatmawati

3. Rajutan kemerdekaan dan inspirasi dari Soekarno dan Fatmawati

Hari Ibu, Menteri PPPA Ziarah dan Sambangi Istri Pejuang BengkuluRumah Ibu Fatmawati Soekarno di Bengkulu (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dalam sambutannya di rumah Fatmawati Soekarno, Bintang mengungkapkan dalam rangkaian hari Ibu ke 94 tahun 2022 yang dilaksanakan di Bengkulu sebagai provinsi yang menorehkan sejarah.

"Di Bengkulu inilah dirajut kemerdekaan oleh bapak presiden pertama kita Bapak Soekarno, demikian juga bagaimana Sinergi kolaborasi pasangan sejoli yang bisa menjadi inspirasi kita semuanya, tidak saja perempuan Indonesia, tapi seluruh masyarakat Indonesia," kata dia.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya