Heboh Isu Finalis Miss Universe Indonesia Diduga Difoto Tanpa Busana

CEO hingga fotografer mundur dari MUID

Jakarta, IDN Times - Ajang Miss Universe Indonesia (MUID) 2023 menjadi pembicaraan. Kontes kecantikan ini diduga lakukan pemeriksaan tubuh finalis dengan cara telanjang dan dipotret.

Kontes kecantikan yang baru digelar pertama kali ini juga semakin memunculkan kontroversi. CEO Eldwen Wang dan tiga Regional Director Visual Miss Universe Indonesia mundur dari jabatannya setelah isu ini muncul ke permukaan. Bahkan kasus dugaan pelecehan yang dialami finalis MUID 2023 juga sudah dilaporkan ke polisi.

1. Finalis diminta tampil tanpa busana

Heboh Isu Finalis Miss Universe Indonesia Diduga Difoto Tanpa BusanaIlustrasi Media Sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kasus ini bergulir usai Director Miss Universe Indonesia Bali yakni Sally Giovanny mengunggah instagram story yang berisi percakapannya dengan Regional Director Jawa Barat Rizky Ananda.

Lewat unggahan cerita di Instagram pribadinya, dia mengungkapkan ketentuan body check Miss Universe Indonesia 2023. Finalis diminta tampil tanpa busana, padahal terdapat dua pria dalam ruangan tersebut.

Sally Giovanny juga mengatakan, finalis juga diambil potretnya saat melakukan body check. ini dikhawatirkan bisa disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Baca Juga: Dugaan Pelecehan, Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Lapor Polisi

2. Rio Motret hingga tiga regional director mundur

Heboh Isu Finalis Miss Universe Indonesia Diduga Difoto Tanpa BusanaPotret R'Bonney Gabriel, Miss Universe 2022 di Acara Grand Final Miss Universe Indonesia 2023 (Instagram.com/pageantempire)

Tiga Regional Director yang mundur Regional Director Bali Sally Giovanny, Regional Director Jawa Barat Rizky Ananda dan Regional Director Jawa Timur Diah Dharmayanti.

Setelah itu, make up artist Slam Wiyono, Visual Director MUID Rio Motret juga pamit sebagai bagian dari ajang kecantikan ini.

3. Finalis MUID 2023 laporkan dugaan pelecehan ke Polisi

Heboh Isu Finalis Miss Universe Indonesia Diduga Difoto Tanpa BusanaKuasa hukum perwakilan finalis Miss Universe Indonesia (MUID) Mellisa Anggraini laporkan dugaan pelecehan seksual ke Polda Metro Jaya (dok. IDN Times/Istimewa)

Pada siang ini, Finalis Miss Universe Indonesia (MUID) juga melapor ke Polda Metro Jaya soal dugaan pelecehan seksual finalis ajang kecantikan itu.

"(Akan) melakukan pelaporan terhadap dugaan adanya pelecehan yang dilakukan oleh MUID," kata kuasa hukum finalis, Mellisa Anggraini di Polda Metro Jaya, Senin (7/8/2023).

 Mellisa Anggraini mengatakan dugaan pelecehan terjadi jelang Grand Final. Saat pelaporan berlangsung Mellisa membawa salah satu korban yakni PKN. Namun, kata dia sudah ada beberapa korban yang melapor.

"Dari proses mereka menggelar acara Miss Universe sebelum dilakukannya grand final ada beberapa peristiwa yang terjadi ya dan itu diindikasi dugaan pelecehan," kata Melissa.

4. Poppy Capella buka suara soal isu yang menerpa MUID

Heboh Isu Finalis Miss Universe Indonesia Diduga Difoto Tanpa BusanaPoppy Capella, Owner Miss Universe Indonesia Organization (Instagram.com/poppycapella_)

Sementara itu, National Director Miss Universe Indonesia, Poppy Capella buka suara soal kasus ini. Dia tidak secara gamblang menanggapi kasus ini, namun memberikan penghargaan pada cara pandang berbagai pihak soal isu yang tengah menerpa MUID.

"Kepada pendukung kami yang berdedikasi, perwakilan media, dan masyarakat luas, dalam dunia kontes yang dinamis, suara bergema dari setiap arah. Setiap komentar, setiap umpan balik, apakah dibungkus pujian atau ditaburi dengan kritik, adalah vital dalam memahat narasi Miss Universe Indonesia," kata Poppy Capella lewat unggahan di akun Instagram Miss Universe Indonesia, Senin (7/8/2023).

"Saya ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada semua orang yang telah meluangkan waktu untuk berbagi pandangan, perasaan, dan perspektif dengan kami. Komentar Anda bukan sekadar kata-kata, mereka adalah kekuatan yang kuat, mendorong tekad kita dan semangat," katanya.

Baca Juga: CEO dan 3 Regional Director Miss Universe Indonesia Mundur, Ada Apa?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya