HPN 2024 Bakal Digelar di Jakarta, Bahas Transisi Kepemimpinan

Turut bahas juga tantangan pembangunan nasional

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun tetapkan Jakarta sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dengan mengusung tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa”.

“Acara puncak HPN berlangsung tanggal 9 Februari 2024 di Taman Impian Jaya Ancol (TIJA), Jakarta, yang diharapkan dapat dihadiri oleh Presiden Jokowi,” kata Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) HPN 2024, Marthen Selamet Susanto dalam rapat persiapan HPN 2024 dilansir Kamis (26/10/2023).

Baca Juga: Dewan Pers: Indeks Kemerdekaan Pers 2023 Turun 6,30 Poin

1. Berlangsung lima hari jelang Pilpres 2024

HPN 2024 Bakal Digelar di Jakarta, Bahas Transisi KepemimpinanLogo Persatuan Wartawan Indonesia (pwi.or.id)

HPN 2024 berlangsung lima hari menjelang pelaksanaan pesta demokrasi, yakni pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) 14 Februari 2024 mendatang.

Hendry juga mencanangkan PWI Merah Putih, PWI yang berwawasan kebangsaan. Dengan menyatakan PWI kembali ke Khittah 1946. Dia mengungkap PWI ingin menegaskan kembali nilai perjuangan keberagaman bangsa Indonesia dan Kemerdekaan Pers sesuai tema HPN 2024.

Baca Juga: Hadiri HPN 2023 di Medan, Jokowi Terima Kasih ke Insan Pers

2. Akan ada road to HPN 2024

HPN 2024 Bakal Digelar di Jakarta, Bahas Transisi KepemimpinanIlustrasi Millennial Dok. IDN Times

Sementara, Wakil Sekjen PWI Pusat, Raja Parlindungan Pane mengatakan gagasan-gagasan besar PWI terkait nilai kebangsaan juga akan dipromosikan lewat acara-acara yang dikemas dalam “Road to HPN 2024”.

“Kita ingin penyelenggaraan kali ini berbeda, tak saja menjadi pestanya masyarakat pers, tapi bisa juga dikenal oleh lapisan masyarakat lainnya,” kata Raja Pane.

3. Bahas isu tantangan pembangunan nasional

HPN 2024 Bakal Digelar di Jakarta, Bahas Transisi KepemimpinanIlustrasi millennial dan Gen Z/Dok. IDN Times

Ketua Bidang 1 HPN 2024 Agus Sudibyo mengatakan, acara seminar dan konvensi yang diadakan dalam rangka HPN 2024, tidak hanya ditujukan menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat pers, namun juga isu-isu lainnya yang terkait tantangan pembangunan nasional.

“HPN diselenggarakan bukan saja untuk masyarakat pers, tapi juga sebagai kado ulang tahun PWI untuk bangsa Indonesia,” kata Agus Sudibyo.

Baca Juga: HPN 2023: ChatGPT Canggih, Tapi Jurnalisme Masih Butuh Manusia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya