Comscore Tracker

Indonesia Pesan 10 Ribu Unit Oksigen Penetrator dari Singapura

Baru 30 unit Oksigen Penetrator yang datang dari Singapura

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebutkan bantuan yang sudah datang dari Singapura yakni sebanyak 756 oksigen silinder, 600 oksigen konsentrator, 220 ventilator.

Selain itu Indonesia juga turut memesan 10 ribu unit oksigen penetrator dan sudah 30 unit yang datang.

1. Apresiasi bantuan Singapura

Indonesia Pesan 10 Ribu Unit Oksigen Penetrator dari SingapuraIlustrasi Tabung Oksigen. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Dia juga mengapresiasi dukungan Singapura atas kebutuhan-kebutuhan untuk Indonesia mulai dari isotank, oksigen liquid, dan oksigen konsentrator yang dapat dipergunakan di rumah sakit.

"Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan yakinlah karena Indonesia ini negara baik suka menolong saat negara-negara tetangga membutuhkan, pastilah juga akan banyak yang menolong saat mendapatkan kesusahan," ujar dia dalam keterangannya, Minggu (11/7/2021).

Baca Juga: Kapal AL Singapura Kirim Oksigen ke Pelabuhan Tanjung Priok Hari Ini

2. Berbentuk portabel sehingga bisa digunakan RS daerah

Indonesia Pesan 10 Ribu Unit Oksigen Penetrator dari SingapuraWadah pasokan oksigen sedang dimuat di atas kapal RSS Endeavour.(Dok. Situs resmi departemen luar negeri Singapura)

Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo menjelaskan bahwa bantuan tersebut berbentuk portabel sehingga bisa digunakan di rumah sakit yang ada di daerah.

"Karena itu bentuknya portabel jadi bisa dipakai untuk RS-RS di daerah. Untuk yang 5 liter atau 10 liter bisa dipakai untuk 3 atau 6 pasien," kata dia.

 

3. Wujud kolaborasi dua negara

Indonesia Pesan 10 Ribu Unit Oksigen Penetrator dari SingapuraIlustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Dia juga mengutarakan bahwa apa yang dilakukan Singapura melalui dukungan ini adalah wujud kolaborasi antar dua negara bersahabat. Selain juga karena upaya global untuk mengatasi pandemik COVID-19.

"Itu juga yang menjadi alasan dari kerja sama ini. Singapura sekali lagi hadir untuk memberikan bantuan dan melihat kasus-kasus yang terjadi di Indonesia. Mudah-mudahan dengan saling bekerja sama dan membantu, pandemi akan segera berakhir," katanya.

Baca Juga: Luhut: Oksigen Konsentrator dari Singapura Akan Datang Hari Ini

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya