Jelang Tahun Baru, 150 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Puncak lalu lintas berlangsung hari ini

Jakarta, IDN Times - Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero), Dwimawan Heru mengatakan, puncak volume lalu lintas (lalin) kendaraan yang meninggalkan Jakarta untuk libur Tahun Baru 2021 terjadi pada Rabu 30 Desember 2020.

Jasa Marga mencatat sebanyak 

"Sebanyak 150.961 kendaraan yang meninggalkan Jakarta pada Rabu (30/12) merupakan kumulatif arus lalin dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat), dan GT Ciawi (arah Selatan)," ujarnya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Kamis (31/12/2020).

1. Meningkat 9,4 persen dibanding new normal

Jelang Tahun Baru, 150 Ribu Kendaraan Tinggalkan JakartaIDN Times/Hana Adi Perdana

Dwimawan juga mengatakan, jumlah tersebut lebih tinggi 9,4 persen jika dibandingkan lalin new normal.

Sementara itu untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta dari ketiga arah, yaitu mayoritas sebanyak 75.669 kendaraan menuju arah Timur, 41.345 kendaraan menuju arah Barat, dan 33.947 kendaraan menuju arah Selatan.

Baca Juga: Arus Balik Natal, Jasa Marga Catat 125 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta

2. Distribusi lalu lintas yang tinggalkan Jakarta

Jelang Tahun Baru, 150 Ribu Kendaraan Tinggalkan JakartaJalan Tol Manado-Bitung (Dok. PT Jasa Marga (Persero))

Adapun rincian distribusi lalin yang dicatat oleh Jasa Marga adalah sebagai berikut:

ARAH TIMUR
- GT Cikampek Utama 1, dengan jumlah 41.345 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 36,3 persen dari lalin new normal.
- GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 34.324 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik 19, persen dari lalin normal.
Total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur adalah sebanyak 75.669 kendaraan, naik sebesar 27,9 perse dari lalin new normal.

ARAH BARAT
Lalin meninggalkan Jakarta menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 41.345 kendaraan, turun 10.9 persen dari lalin new normal.

ARAH SELATAN
Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 33.947 kendaraan, naik sebesar 4,5 persen dari lalin new normal.

3. Minta masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan

Jelang Tahun Baru, 150 Ribu Kendaraan Tinggalkan JakartaIlustrasi. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Melihat kondisi tersebut, Jasa Marga mengimbau pada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan, sebelum memasuki jalan tol jelang momen pergantian tahun 2020 ke 2021. Dia juga mengingatkan agar masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan.

"Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di Tempat Istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara," ujar Dwimawan.

Baca Juga: Arus Balik Natal, Jasa Marga Catat 125 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya