Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, DPRD: Jadikan Evaluasi!

Faktanya memang Jakarta mengalami penurunan tanah

Jakarta, IDN Times - Isu Jakarta tenggelam sudah terdengar hingga ke telinga negara lain. Presiden Amerika Serikan Joe Biden yang membahas isu ini di ranah internasional. Menanggapinya, anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI William Aditya Sarana mengatakan bahwa faktanya Jakarta tengah mengalami penurunan permukaan air tanah.

"Faktanya memang Jakarta mengalami penurunan permukaan air tanah setiap tahun nya. Jadikan ini bahan evaluasi kita bersama untuk menyalamatkan Jakarta,” kata dia dalam keterangannya, Senin (2/8/2021).

Baca Juga: Biden Ilustrasikan Jakarta Tenggelam sebagai Ancaman Perubahan Iklim

1. Minta Pemprov DKI fokus eksekusi upaya agar Jakarta tidak tenggelam

Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, DPRD: Jadikan Evaluasi!Monumen Nasional (IDN Times/Lia Hutasoit)

William mengatakan sudah saatnya Pemprov DKI Jakarta fokus dalam mengeksekusi upaya-upaya agar Jakarta tidak tenggelam. Mulai dari pipanisasi air bersih hingga membangun giant sea wall.

“Pertama, segera lakukan pipanisasi air bersih ke seluruh pelosok Jakarta tanpa terkecuali agar masyakat tidak mengambil air tanah, kedua hentikan pencurian air bersih, percuma punya air bersih jika airnya dicuri, terakhir, jangka panjang mulai fokus lakukan pembangunan giant sea wall," ujarnya.

William merasa hingga saat ini, belum ada tindakan yang signifikan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mencegah Jakarta tenggelam.

“Salah satu contohnya adalah kontrak pengelolaa air swasta akan berakhir 2023, tapi sampai saat ini tidak ada tindakan apapun, bahkan tahun lalu malah akan memperpanjang kontrak Aetra hingga 25 tahun," ujarnya.

2. Wagub DKI tidak menampik isu ini

Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, DPRD: Jadikan Evaluasi!Riza Patria dalam Paripurna Pemilihan Wagub DKI Jakarta(6/4) (Dok. Humas DPRD DKI Jakarta)

Menanggapi pidato Joe Biden, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memang tak tutup mata. Dia sadar bahwa permukaan tanah di Ibu kota selalu turun tiap tahunnya.

"Memang di Jakarta datarannya rendah, jadi di Jakarta ada penurunan muka tanah setiap tahun. Namun, tidak berarti 10 tahun Jakarta tenggelam," kata Riza dalam konferensi pers virtual pada Sabtu (31/7/2021).

Dia mengatakan pihaknya sudah melakukan sejumlah siasat seperti pipaninasi oleh PAM Jaya sebagai upaya agar Jakarta tak tenggelam.

Baca Juga: Jakarta Diprediksi Akan Tenggelam 2050, Pakar UGM: Ini Peringatan

3. Biden sebut ilustrasi ancaman perubahan iklim dengan Jakarta tenggelam

Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, DPRD: Jadikan Evaluasi!Presiden Amerika Serikat dari Demokrat Joe Biden mengunjungi Barrio Cafe saat tur bus usaha kecil sambil berkampanye di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, Kamis (8/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Dalam pidato di Kantor Direktur Intelijen Nasional, Selasa (27/7/2021), Joe Biden menyinggung kemungkinan 10 tahun lagi Jakarta akan tenggelam karena naiknya permukaan air laut.

Dilansir dari situs resmi Gedung Putih, Biden mengatakan bahwa ancaman terbesar yang dihadapi oleh Departemen Pertahanan AS adalah perubahan iklim.

"Apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?" kata Biden dalam pidatonya.

Baca Juga: Joe Biden Sebut Jakarta Bakal Tenggelam, Ini Bantahan Wagub DKI 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya