Kabur Pas Penghuni Salat Berjamaah, Napi Cipinang Bokir Diciduk Lagi

Bokir kabur dari Cipinang sejak Sabtu, 29 Oktober 2022

Jakarta, IDN Times - Narapidana atas nama Aditya Egaftyan alias Bokir yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang akhirnya berhasil ditangkap kembali pada Senin (31/10/2022) malam belum.

Bokir ditangkap usai kabur selama hampir dua hari sejak Sabtu, 29 Oktober 2022 malam.

"Penangkapan dilaksanakan pihak Lapas berkoordinasi dengan Kepolisian Sektor (Polsek) Cibinong," kata Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rika Aprianti dalam keterangannya, Selasa (1/11/2022).

1. Kabur saat penghuni lapas sedang salat berjamaah

Kabur Pas Penghuni Salat Berjamaah, Napi Cipinang Bokir Diciduk LagiPenangkapan narapidana Kelas I Cipinang yang kabur (dok. Kemenkumham)

Bokir dilaporkan melarikan diri dari Lapas Cipinang saat penghuni lain tengah melaksanakan salat Magrib berjamaah di masjid Lapas.

"Usai peristiwa pelarian, pihak Lapas segera berkoordinasi dengan kepolisian guna mencari dan menangkap kembali yang bersangkutan," kata dia.

Baca Juga: Gunakan Mobil Sedan, Dua Pencuri di Bekasi Bawa Kabur Truk

2. Keberadaan Bokir sudah diketahui petugas

Kabur Pas Penghuni Salat Berjamaah, Napi Cipinang Bokir Diciduk LagiIDN Times/Arief Rahmat

Kepala Lapas Kelas I Cipinang, Tonny Nainggolan mengatakan penangkapan Bokir bermula dari informasi anggota Binmas Polsek Cibinong yang mengaku telah mengetahui keberadaan pelaku.

Berbekal informasi tersebut, pihak Lapas bersama Koordinator Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) dan tim segera melakukan pengejaran ke lokasi yang diinformasikan.

3. Bokir ditangkap di Cibinong

Kabur Pas Penghuni Salat Berjamaah, Napi Cipinang Bokir Diciduk LagiIlustrasi Napi yang Melarikan Diri (IDN Times/Mardya Shakti)

Tonny menjelaskan sebelum penangkapan, tim gabungan yang terdiri dari pihak Lapas, Ditjenpas, dan Polsek Cibinong terlebih dahulu mengatur strategi penangkapan. Pelaku pelarian berhasil diringkus kembali sekitar pukul 22.15 WIB saat berada di Jalan Pabuaran, Gang Bedol, Cibinong.

“Usai ditangkap dan diamankan, yang bersangkutan segera dibawa ke Polsek Cibinong untuk diperiksa. Kemudian dibawa kembali ke Lapas Cipinang dan ditempatkan di sel isolasi,” kata Tonny.


“Kami sampaikan terima kasih banyak atas kerja sama dari aparat penegak hukum khususnya Polsek Cibinong maupun masyarakat yang bersama-sama telah ikut membantu menginformasikan keberadaan pelaku,” katanya

Baca Juga: Koruptor Napoleon Bonaparte Pakai Ponsel di Lapas Cipinang saat Sidang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya