Kantor Bus Sekolah DKI Disulap Jadi Tempat Isolasi OTG COVID-19

Bisa tampung karyawan dan warga sekitar Kramat Jati, Jaktim

Jakarta, IDN Times - Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan ruang isolasi darurat bagi pasien COVID-19 tanpa gejala orang tanpa gejala (OTG). Ruang isolasi ini dibuka di Mess Pegawai UPAS, Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur.

“Ide dasar penyediaan ruang isolasi ini juga karena sebelumnya ada anggota PJLP UPAS yang terpapar COVID-19 kemudian diusir dari kontrakannya,” kata Kepala UPAS Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Ali Murtadho, dalam keterangannya, Selasa (6/7/2021).

1. Daya tampung 50 orang laki-laki dan enam perempuan

Kantor Bus Sekolah DKI Disulap Jadi Tempat Isolasi OTG COVID-19Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Ali menyebutkan, daya tampung ruang isolasi pasien OTG ini untuk 50 orang laki-laki dan enam orang perempuan. Kapasitas ini meningkat dari penyediaan pada tahun 2020.

“Saat ini ruang isolasi darurat saat ini sudah terisi empat pasien OTG, notabene pegawai Dishub DKI yang dikarantina sejak Sabtu (3/7/2021) lalu, sambil menunggu rujukan ke rumah sakit,” katanya.

Selain karena ada anggota PJLP UPAS yang diusir dari kontrakan karena COVID-19, Ali juga mengatakan pihaknya mengurangi beban kurangnya ruang isolasi yang ada. Apalagi, kasus COVID-19 di Jakarta kian meningkat dan rumah sakit penuh yang menyebabkan banyak pasien yang tidak bisa dirawat.

Baca Juga: Erick dan Yaqut Sulap Asrama Haji Pondok Gede Jadi RS Pasien COVID-19

2. Bisa digunakan untuk pegawai dan warga sekitar

Kantor Bus Sekolah DKI Disulap Jadi Tempat Isolasi OTG COVID-19Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Dia mengatakan ruang isolasi ini disiapkan untuk pegawai UPAS Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan warga sekitar, sambil menunggu rujukan ke rumah sakit.

Di dalam ruang tersebut tersedia kasur busa beserta bantal. Tempat isolasi juga dilengkapi dengan fasilitas dapur, kamar mandi, tempat wudu, tempat salat, dispenser, lemari pendingin, televisi, jaringan internet, pendingin ruangan, dan kipas angin.

3. Akan koordinasi dengan nakes untuk kontrol pasien

Kantor Bus Sekolah DKI Disulap Jadi Tempat Isolasi OTG COVID-19ilustrasi tenaga kesehatan. ANTARA FOTO/Fauzan

Sementara, Camat Kramat Jati sekaligus Ketua Satgas COVID Kecamatan Kramat Jati, Eka Darmawan, menjelaskan pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Puskesmas dan organisasi profesi untuk kolaborasi dalam penanggulangan COVID-19.

Diharapkan, nantinya ada tenaga kesehatan yang mengontrol pasien OTG yang menjalani isolasi di mess pegawai UPAS Dinas Perhubungan DKI Jakarta. 

"Masyarakat Kramat Jati yang terpapar COVID bisa menjalani isolasi di sini. Kita akan sampaikan ke lurah dan warga soal keberadaan ruang isolasi ini," kata dia.

Baca Juga: Hore! Pasien Isolasi Mandiri Dapat Layanan Kesehatan dan Obat Gratis

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya