Kasus Ade Yasin, KPK Geledah Dua Rumah di Bandung

Ade Yasin terjerat OTT karena menyuap pegawai BPK Jawa Barat

Jakarta, IDN Times - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah dua rumah berkenaan dengan kasus dugaan suap yang menimpa Bupati Bogor, Ade Yasin. Rumah itu berada di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat.

"Tim Penyidik, (29/4/2022) telah selesai melaksanakan upaya paksa penggeledahan pada dua lokasi di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat," kata Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022).

1. Dua rumah digeledah dari dua tersangka

Kasus Ade Yasin, KPK Geledah Dua Rumah di BandungSetumpuk uang yang disita saat OTT Bupati Bogor Ade Yasin pada Kamis (28/4/2022) dini hari. (IDN Times/Aryodamar)

Total ada dua rumah yang digeledah oleh KPK dari dua tersangka. Dari penggeledahan rumah itu ada beberapa barang bukti yang diamankan KPK.

"Pada tempat kediaman tersebut ditemukan dan diamankan, di antaranya berupa bukti elektronik," kata Ali Fikri.

Dua lokasi rumah tersebut berada di wilayah Kecamatan Buah Batu, Bandung dan Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari, Bandung.

Baca Juga: Tiru Abangnya Rahmat Yasin, Ade Yasin Jadi Tersangka Suap BPK Jabar

2. Disita sebagai barang bukti eletronik

Kasus Ade Yasin, KPK Geledah Dua Rumah di BandungBupati Bogor Ade Yasin (Instagram.com/@ademunawarohyasin)

Ali menjelaskan, selain disita, KPK juga akan menganalisis bukti-bukti yang telah diamankan dari hasil penggeledahan tersebut. 

"Disita sebagai barang bukti eletronik (BBE) yang isinya akan dikonfirmasi kembali kepada para saksi dan tersangka," kata Ali Fikri.

3. Ade Yasin tersangka kasus suap

Kasus Ade Yasin, KPK Geledah Dua Rumah di BandungBupati Bogor Ade Yasin usai kena OTT KPK (IDN TImes/Aryodamar)

Ade Yasin ditetapkan sebagai tersangka suap terhadap perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Jawa Barat. Suap diduga diberikan supaya BPK memberi predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan Kabupaten Bogor tahun anggaran 2021.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal KPK, Ade Yasin disebut telah menyuap perwakilan BPK Jawa Barat senilai Rp1,9 miliar. KPK turut menyita bukti berupa uang tunai serta dari rekening bank senilai total Rp1,024 miliar.

4. Ada tujuh tersangka lain dalam kasus ini

Kasus Ade Yasin, KPK Geledah Dua Rumah di BandungBupati Bogor, Ade Yasin, usai tertangkap dalam OTT KPK (IDN Times/Aryo Damar)

Selain Ade, KPK telah menetapkan tujuh tersangka lainnya. Mereka adalah:

Tersangka pemberi suap:
1. Ade Yasin, Bupati Kabupaten Bogor 2018-2023.
2. Maulana Adam, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bogor.
3. Ihsan Ayatullah, Kasubdit Kas Daerah BPK AD Kabupaten Bogor.
4. Rizki Taufik, PPK pada Dinas PUPR Kabupaten Bogor.

Mereka disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Adapun tersangka penerima suap adalah:
1. Anthon Merdiansyah, Pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat. (Kasub Auditor IV Jawa Barat 3 Pengendali Teknis).
2. Arko Mulawan, Pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat. (Ketua Tim Audit Interim Kabupaten Bogor).
3. Hendra Nur Rahmatullah Karwita, Pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat. (Pemeriksa).
4. Gerri Ginajar Trie Rahmatullah, Pegawai BPK Perwakilan Jawa Barat. (Pemeriksa).

Mereka disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Baca Juga: [BREAKING] Kronologi Bupati Bogor Ade Yasin Kena OTT KPK di Rumah

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya