Kasus Lapas Mewah Viral, Wamenkumham: Diperiksa Kakanwil

Tidak semua diserahkan langsung ke Kementerian

Jakarta, IDN Times - Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham), Edward Omar Sharif Hiariej, mengatakan pemeriksaan dugaan adanya fasilitas mewah di Rutan Kebonwaru yang viral di media sosial akan diperiksa Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham setempat.

"Begini, jadi kalau segala sesuatu yang berkaitan dengan Lapas, maka yang pertama Kakanwil akan membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan karena pengawasan itu berjenjang," kata dia saat ditemui dikawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/5/2023).

1. Jika ada tindak lanjut maka diserahkan ke Inspektorat

Kasus Lapas Mewah Viral, Wamenkumham: Diperiksa KakanwilPetugas Lapas Klas II A Pematangsiantar gelar razia di dalam lapas (IDN Times/Patiar Manurung)

Eddy sapaan karibnya mengatakan, tak semuanya hal yang berkenaan dengan lapas diserahkan langsung pada Kementerian Hukum dan HAM secara menyeluruh. Sebab, ada tugas Kantor Wilayah (Kanwil).

Menurut dia, jika dari pemeriksaan ada tindaklanjut maka akan dinaikkan ke inspektorat Kemenkumham.

"Jadi tidak semua kemudian diserahkan ke kementerian, jadi Kakanwil akan membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan, kalau ada tindak lanjut maka itu akan dinaikkan pada inspektorat," katanya.

Baca Juga: Heboh Bisnis Narkoba dan Sel Mewah di Lapas, Kemenkumham Investigasi

2. Masih lanjutkan pemeriksaan

Kasus Lapas Mewah Viral, Wamenkumham: Diperiksa KakanwilWamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej mengikuti rapat kerja bersama Komisi III DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/11/2022).(ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Dia mengatakan, tindak lanjut yang tengah dilakukan masih proses pemeriksaan. Dia juga mengungkapkan, belum tentu hal itu terjadi di Rutan Kebonwaru, Jawa Barat

"Ya belum (belum tentu di Rutan Kebonwaru), masih ada pendalaman," katanya.

3. Akun @partaisocmet tampilkan suasana rutan mewah

Kasus Lapas Mewah Viral, Wamenkumham: Diperiksa KakanwilIlustrasi Napi (IDN Times/Arief Rahmat)

Rutan Kebonwaru sempat viral di media sosial Twitter. Berita viral ini sebelumnya disebarkan oleh @PartaiSocmet di mana dalam foto ini memperlihatkan beberapa fasilitas handphone dan akuarium.

Ada juga sound system dan tembok juga terdapat wallpaper yang terkesan mewah untuk ukuran ruang lapas.

Baca Juga: Soal Fasilitas Mewah di Lapas, Wamenkumham: Akan Diperiksa Kanwil

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya