Kejagung Usut Dugaan Korupsi Proyek Jalur KA Besitang-Langsa Rp1,3 T

Para pelaku diduga mengalihkan jalur kereta api 

Jakarta, IDN Times - Kejaksaan Agung tengah menelusuri dugaan korupsi pembangunan jalur kereta api Besitang-Langsa. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Jampidsus Kejagung) Kuntadi. Dia mengatakan, total korupsi dari proyek ini mencapai Rp1,3 triliun.

"Adanya dugaan tindak pidana korupsi pembangunan jalur kereta api Besitang-Langsa pada balai teknik perkeretaapian Medan tahun 2017-2023 senilai 1,3 triliun," kata dia di kantor Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga: 4 Dana Pensiun Bermasalah Dilaporkan ke Kejagung, Negara Rugi Rp300 M

1. Modus dengan rekayasa pelaksanaan proyek

Kejagung Usut Dugaan Korupsi Proyek Jalur KA Besitang-Langsa Rp1,3 TIlustrasi kereta api (IDN Times/Arief Rahmat)

Kuntadi mengatakan, modus yang digunakan adalah rekayasa pelaksanaan proyek. Para tersangka memecah nilai proyek menjadi beberapa dengan nominal yang lebih kecil.

"Dengan tujuan untuk menghindari pelaksanaan lelang," kata dia.

2. Para pelaku diduga mengalihkan jalur kereta api dari ketetapan kontrak

Kejagung Usut Dugaan Korupsi Proyek Jalur KA Besitang-Langsa Rp1,3 TKonferensi pers Kejaksaan Agung meningkatkan status penyidikan baru terhadap beberapa perkara di kantor Kejagung, Jakarta, Selasa (3/10/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Selain itu, para pelaku diduga telah mengalihkan jalur kereta api dari yang telah ditetapkan di kontrak, tetapi tidak dijelaskan secara rinci apa maksud dari mengalihkan jalur tersebut.

Kuntadi mengatakan, pengalihan jalur dari yang telah ditetapkan dengan maksud keuntungan pihak-pihak tertentu. Kasus ini baru masuk ke tahap penyidikan umum.

3. Kemenhub masih cek perkembangan pembangunan jalur kereta api Besitang- Langsa

Kejagung Usut Dugaan Korupsi Proyek Jalur KA Besitang-Langsa Rp1,3 TANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Hingga awal April 2023, Kementerian Perhubungan masih mengecek perkembangan pembangunan jalur kereta api Besitang, Sumatra Utara ke Langsa, Aceh.

Kepada IDN Times, Pejabat Pembuat Komitmen Aceh Wilayah II Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatra Utara Halim Hartono pernah mengatakan, proyek jalur segmen satu yang telah dimulai sejak 2017 tersebut, diperkirakan akan selesai pada 2020.

“Segmen satu ini kita mulai dari 2017, di Besitang, rencananya tahun 2020 selesai. Mudah-mudahan,” kata Hartono ketika dihubungi IDN Times via telepon, Sabtu (11/1/2020) lalu.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya