Kemendagri Bagikan 10 Juta Bendera di Bulukumba, Pacu Kemajuan UMKM

Bulukumba jadi representasi daerah tengah Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Jumat, 11 Agustus 2023.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, mengatakan, pembagian 10 juta bendera merah putih itu sengaja digelar di Bulukumba sebagai representasi daerah tengah di Indonesia.

Harapannya, kegiatan tersebut mampu memacu pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat, khususnya di sektor UMKM.

"Ini kan memberikan nilai ekonomi yang tinggi sekali, tapi yang diuntungkan pasti banyak sekali. Mulai diuntungkan EO-nya dan berikut perangkatnya, UMKM-nya bergerak semua ini. Entah kita mau menghitungnya gimana, pasti bergerak," kata Tito dalam keterangannya, dilansir Sabtu (12/8/2023).

Baca Juga: Evaluasi Kinerja Heru Budi 10 Bulan, Kemendagri Cecar 22 Pertanyaan 

1. Kebutuhan terhadap penginapan, restoran, hingga transportasi meningkat

Kemendagri Bagikan 10 Juta Bendera di Bulukumba, Pacu Kemajuan UMKMKepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tito Karnavian dalam Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2023 di Jakarta Utara, Kamis (25/5/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Tito mengatakan, pertumbuhan perekonomian itu berdampak positif tak hanya untuk Bulukumba, tetapi juga bagi daerah-daerah sekitarnya. Misalnya, kata dia, terlihat dari produksi bendera merah putih yang telah banyak diborong untuk menyukseskan gelaran Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Bulukumba.

Selain itu, selama pelaksanaan kegiatan tersebut kebutuhan terhadap penginapan, restoran, hingga transportasi juga mengalami kenaikan.

“Ini pasti, mudah-mudahan akan semakin menekan inflasi di wilayah Bulukumba. Itu nilai ekonominya,” kata Tito.

Baca Juga: Tito: Parpol Bisa Batal Jadi Peserta Pemilu Jika Perppu Tak Disetujui

2. Upaya pengendalian inflasi pemerintah pusat

Kemendagri Bagikan 10 Juta Bendera di Bulukumba, Pacu Kemajuan UMKMIlustrasi Inflasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, Tito mengatakan, saat ini pemerintah pusat serius terhadap upaya pengendalian inflasi.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, angka inflasi di Indonesia terus mengalami tren positif. Berdasarkan data tradingeconomics.com per 1 Agustus 2023, angka inflasi Indonesia menyentuh angka 3,08 persen.

“Di angka 3,08 persen itu adalah angka yang sangat bagus sekali, di bawah 10 persen relatif bagus, di bawah 5 persen sangat bagus. Angka 3 persen menunjukkan bahwa barang-barang semua pangan tersedia dengan baik dan terjangkau,” kata dia.

Baca Juga: KPK: Pelaku Serahkan Uang Muluskan Pencairan Dana di Kemendagri

3. Tahun lalu dilaksanakan di Merauke, Banda Aceh dan Surabaya

Kemendagri Bagikan 10 Juta Bendera di Bulukumba, Pacu Kemajuan UMKMSuasana penyaluran bantuan sosial yang dilakukan oleh Nikolas Alexander Sirken (30), seorang Insan BRILian atau pekerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang bertugas di BRI Kanca Merauke, Papua. (Dok. BRI)

Dia mengatakan, kegiatan pembagian jutaan bendera yang dilaksanakan lewat Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) ini sudah dilaksanakan secara rutin oleh Kemendagri.

Tahun lalu, acara serupa pernah digelar serentak yang dipusatkan di Merauke, Banda Aceh, dan Surabaya. Melalui acara itu, sebanyak 12 juta bendera berhasil diberikan kepada masyarakat.

Kali ini, Tito menyerahkan bendera merah putih secara simbolis kepada sejumlah perwakilan masyarakat. Mulai dari TNI, Polri, pelajar, ASN, tokoh adat, tokoh agama, hingga olahragawan. 

Baca Juga: Dana Perbatasan Rp7,7 T, Tito: Biar Gak Tergantung Negara Tetangga

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya