Ketua KPK Firli Bahuri Akui Kunci Mobil dan Dompetnya Disita Polisi

Barang yang disita dari rumah di Kertanegara

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengklaim Polda Metro Jaya telah menyita beberapa barang dari kediamannya di Jalan Kertanegara Nomor 46, Jakarta Selatan, 26 Oktober 2023. Barang yang disita tersebut antara lain kunci dan gembok pintu gerbang, dompet, dan kunci mobil.

"Bahwa pada 26 Oktober 2023, penyidik melakukan penggeledahan di rumah Ketua KPK, Firli Bahuri, di Bekasi, namun tidak ada barang yang disita. Sedangkan di rumah sewa di Kertanegara 46, Jakarta Selatan, terdapat tiga barang yang disita, berupa Kunci dan gembok gerbang, dompet warna hitam serta kunci mobil keyless," kata dia dalam keterangan yang dilansir IDN Times, Jumat (17/11/2023).

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Dicecar 15 Pertanyaan Terkait Dugaan Pemerasan

1. Firli klaim tak pernah mangkir dari panggilan penyidik

Ketua KPK Firli Bahuri Akui Kunci Mobil dan Dompetnya Disita Polisi(Ketua KPK Firli Bahuri dan mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin) ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Firli mengklaim tidak pernah mangkir dari pemanggilan penyidik Polda Metro Jaya, karena semua disampaikan secara komunikatif dan informatif, serta selalu berada di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dia juga mengklaim sudah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) sebagaimana permintaan penyidik melalui Biro Hukum KPK.

"Bersama pimpinan KPK akan selalu kooperati Firli Bahuri, bersama pimpinan KPK akan selalu kooperatif untuk ebutuhan penegakan hukum, dan berharap ini bisa diselesaikan dengan baik," kata Firli.

2. Firli juga mengaku tidak pernah melakukan pemerasan

Ketua KPK Firli Bahuri Akui Kunci Mobil dan Dompetnya Disita PolisiMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat rapat monitoring dan pengelolaan penyaluran pupuk bersubsidi TA.2020 di Hotel Claro, Makassar, Selasa (20/10/2020). Dok. Kementan

Firli juga mengkalim tidak pernah melakukan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Saya Firli Bahuri menyatakan bahwa tidak pernah ada kegiatan memeras, gratifikasi, dan suap. Pada saat dilakukan penggeledahan di rumah Firli Bahuri, tidak ditemukan benda sitaan terkait penanganan permasalahan hukum di Kementerian Pertanian RI pada 2020 sampai dengan 2023," kata dia.

Baca Juga: Kapolda Metro Sambangi Bareskrim saat Firli Diperiksa Kasus Pemerasan SYL

3. Firli absen dari pemeriksaan di Polda Metro Jaya

Ketua KPK Firli Bahuri Akui Kunci Mobil dan Dompetnya Disita PolisiFirli Bahuri usai jalani pemeriksaan di Mabes Polri pada Kamis (16/11/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Diketahui, Ditreskimsus Polda Metro Jaya telah melalukan penggeledahan rumah Firli Bahuri di Jalan Kertanegara Nomor 46, Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2023. Hal ini dilakukan atas tindak lanjut dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Bahkan, Firli sudah diperiksa untuk kedua kalinya pada Kamis, 16 November 2023. Firli sempat dipanggil untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi pada Selasa, 7 November 2023, namun dia absen dengan alasan mengikuti kegiatan road show antikorupsi di Aceh.

Penyidik pun kembali melayangkan surat pemanggilan pemeriksaan lanjutan pada Selasa, 14 November 2023. Lagi-lagi Firli absen, dengan alasan menghadiri pemeriksaan Dewan Pengawas KPK RI terkait dugaan pelanggaran etik.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya