Kominfo Siapkan Media Center Berkapasitas Besar di KTT ASEAN

Beroperasi pada 2 sampai 8 September 2023

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan media center dengan kapasitas besar untuk memudahkan jurnalis dalam melakukan peliputan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN 2023. Media center tersebut nantinya akan terletak di Jakarta Convention Center Senayan, berkapasitas lebih dari 2.500 orang, dan bisa dioperasikan sejak 2 hingga 8 September 2023.

"Media center tersedia di Exhibition Hall B Jakarta Convention Center dengan kapasitas 2.500 orang. Dengan asumsi, media dan jurnalis tidak bekerja secara berbarengan sehingga desain ini kondusif dan mampu mengakomodir kebutuhan," kata Menkominfo, Budi Arie Setiadi, dalam Media Gathering Pelaksanaan KTT Ke/43 ASEAN, Rabu (30/8/2023).

1. Internet aman dan nyaman

Kominfo Siapkan Media Center Berkapasitas Besar di KTT ASEANMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Layanan internet, dipastikan Budi, aman. Sebab, PT Telkom akan menyediakan koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Jurnalis yang meliput juga diimbau untuk registrasi terlebih dulu dan mengambil badge event di Hotel Best Western Senayan, sebelum memasuki area media center.

"Kapasitas media center dirancang untuk menampung kurang lebih 2.000 jurnalis. Working station menampung 1.168 kursi, dining room 520, dan selebihnya tersebar di beberapa ruang kerja lainnya," katanya.

Baca Juga: Melihat Skema Pengamanan Rute Delegasi KTT ke-43 ASEAN 2023

2. Ada layanan khusus buat jurnalis

Kominfo Siapkan Media Center Berkapasitas Besar di KTT ASEANilustrasi Ilmu Komunikasi (IDN TImes/Arief Rahmat)

Selain fasilitas kerja bagi jurnalis, media center KTT ASEAN juga menyediakan layanan peliputan, produksi konten, dan akses untuk konten dari host photographer dan broadcaster.

"Tim redaksi bersama akan menavigasi konten yang ditayangkan dan disebarluaskan dalam rangka mengelola isu serta memitigasi potensi krisis komunikasi selama penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43," ujar Budi.

3. Konten akan ditayangkan ke asean2023.id

Kominfo Siapkan Media Center Berkapasitas Besar di KTT ASEANIndonesia resmi menjadi Ketua ASEAN 2023 setelah Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen memberikan palu kepada Presiden Jokowi (dok. Sekretariat Presdein)

Konten foto, infografis, berita, dan video, yang dapat diperoleh dari media advisory yang akan dibagikan kepada awak media yang sudah teregistrasi melalui kanal khusus.

"Media advisory juga akan kami tayangkan di situs asean2023.id beserta informasi lainnya yang dapat diakses oleh rekan-rekan jurnalis dan masyarakat," ujar Budi.

Baca Juga: Ini Jadwal Lengkap KTT ASEAN ke-43 di Jakarta

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya