Comscore Tracker

Libur Panjang Akhir Oktober, Begini Skema Pengamanannya

Sebanyak 160.916 personel diturunkan

Jakarta, IDN Times - Kabag Penum Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, mengatakan pihaknya akan mengerahkan ribuan personel untuk mengamankan libur panjang Malid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Rabu, 28 Oktober hingga Minggu, 1 November 2020.

"Sebanyak 160.916 personel, dengan perincian Polri sebanyak 94.170 personel, TNI 24.448 personel, dan unsur terkait 42.298 personel," kata Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (20/10/2020).

Selain itu, Ahmad Ramadhan melanjutkan, sebanyak 645 Pos Keamanan dan Pos Terpadu juga disiapkan di jalur tol, rest area , jalur arteri, lokasi wisata dan jalur alternatif maupun tempat penyeberangan ASDP.

1. Antisipasi masyarakat yang manfaatkan libur untuk berkreasi hingga berbelanja

Libur Panjang Akhir Oktober, Begini Skema PengamanannyaFoto aerial suasana kendaraan yang terjebak macet di Jalan Tol Cawang-Grogol, Jakarta, Jumat (11/9/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Pengamanan ini dilakukan untuk keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalu lintas serta memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Selain itu, Polri juga melaksanakan rapat lintas instansi dengan lembaga dan departemen terkait untuk antisipasi adanya pemudik ataupun masyarakat yang memanfaatkan hari libur panjang ini untuk berekreasi, berbelanja, dan lainnya

Baca Juga: Mabes Polri Rotasi 229 Perwira Polri, Ini Daftarnya

2. Arus mudik akan berlangsung selama sepekan

Libur Panjang Akhir Oktober, Begini Skema PengamanannyaKepadatan kendaraan menuju Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/8/2020) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Polri memperkirakan arus mudik akan terjadi selama sepekan, yakni dari 27 Oktober hingga 2 November 2020.

"Puncak arus mudik akan dimulai sejak hari Selasa 27 Oktober 2020 pukul 12.00 WIB sampai Rabu 28 Oktober pukul 24.00 WIB," ujar Ahmad.

Sedangkan puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Sabtu, 31 Oktober 2020 pukul 24.00 WIB hingga Senin, 2 November 2020 pukul 08.00 WIB.

3. Sejumlah langkah antisipasi yang dilakukan Korlantas Polri

Libur Panjang Akhir Oktober, Begini Skema PengamanannyaKepadatan kendaraan menuju Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/8/2020) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Selanjutnya, dari Korlantas Polri sudah melakukan pengecekan untuk mengetahui bagaimana kondisi jalan yang akan dilalui pemudik.

Kemudian demi kelancaran serta kenyamanan para pemudik maka Korlantas Polri telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi, di antaranya adalah sebagai berikut:

1.  Penerapan contra flow di jalan tol Jakarta-Cikampek dan pembatasan truk sumbu tiga ke atas untuk tidak melalui jalan tol.

2.  Pengaturan di rest area dengan cara buka tutup.

3.  Pengaturan di gerbang tol dengan memperbayak petugas card reader.

  1. 4.  Pengaturan di penyeberangan Kapal ASDP

Baca Juga: Libur Panjang Akhir Oktober, Mendagri: Gak Usah Pulang Kampung

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya