Menteri PPPA Harap Forum Anak Berperan Aktif dalam Pembangunan

Pendapat anak itu penting, maka itu perlu diikutsertakan

Jakarta, IDN Times  - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menyuarakan aspirasi dan mendorong partisipasi anak dalam pembangunan. Menteri PPPA Bintang Puspayoga menjelaskan bahwa forum anak telah tersebar di 34 Provinsi, 458 kabupaten-kota, 1.625 kecamatan, dan 2.694 desa atau kelurahan. 

Dia menjelaskan bahwa pembentukan forum anak juga dapat turut melibatkan berbagai pihak, salah satunya tempat peribadatan dalam memberi fasilitas pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Dalam pemenuhan hak anak, perlindungan anak tidak bisa hanya pemerintah sendiri. Oleh karenanya, sinergi dan kolaborasi menjadi penting dalam memenuhi empat hak anak, yang terdiri dari hak untuk hidup; hak untuk tumbuh dan berkembang; hak untuk dilindungi; dan hak untuk partisipasi."

Melalui Forum Anak, saya mendengarkan banyak hal luar biasa yang telah dilakukan anak-anak Indonesia dalam berpartisipasi dan menyampaikan aspirasinya,” kata Bintang saat berkunjung ke Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Kaisarea, Kupang, NTT, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Kenapa Vaksin HPV Diberikan pada Usia Anak-anak?

1. Ikutsertakan anak dalam proses perencanaan

Menteri PPPA Harap Forum Anak Berperan Aktif dalam PembangunanMenteri PPPA Bintang Puspayoga dalam kunjungannya ke Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Kaisarea, Kupang, NTT (10/5/2022). (dok. KemenPPPA)

Bintang juga mengungkapkan agar pimpinan daerah dapat mengikutsertakan anak dalam proses perencanaan, seperti dalam musrenbang (musyawarah pembangunan) baik dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, bahkan hingga provinsi. 

“Akan sangat penting mendengar suara mereka. Anak tidak hanya menjadi objek pasif pembangunan tapi juga sebagai subjek yang ikut dilibatkan dalam pembangunan, dan ke depan Forum Anak tidak hanya dibentuk dalam jajaran pemerintahan, namun dapat masuk ke berbagai sektor seperti melalui lembaga keagamaan,” ungkap dia.

Baca Juga: Ini Gejala Hepatitis Akut yang Menyerang Anak-Anak, Orang Tua Waspada!

2. Forum anak berbasis tempat ibadah bisa jadi contoh

Menteri PPPA Harap Forum Anak Berperan Aktif dalam PembangunanMenteri PPPA Bintang Puspayoga dalam kunjungannya ke Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Kaisarea, Kupang, NTT (10/5/2022). (dok. KemenPPPA)

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Bukanlah Orangtua yang Adil bagi Anak-anak, Hindari!

Ke depan, Bintang berharap forum anak berbasis tempat peribadatan juga dapat dicontoh oleh gereja lain, hingga agama lain dalam memastikan pemenuhan hak dan perlindungan bagi anak Indonesia yang melibatkan peran masyarakat sipil.

Sementara itu, forum anak di lingkungan GMIT, Kelurahan, hingga Kota Provinsi, telah melakukan berbagai macam inovasi, di antaranya:

  • Memfasilitasi pembuatan akte kelahiran bagi anak-anak yang belum memiliki
  • Mengkampanyekan gerakan bebas iklan rokok
  • Mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di lingkungan gereja hingga kelurahan
  • Mensosialisasikan isu perubahan iklim yang berdampak besar terhadap masyarakat khususnya perempuan dan anak
  • Mengikuti Kongres Anak Nasional
  • Berpartisipasi dalam kegiatan Musrenbang

3. Menciptakan ruang partisipasi anak untuk berpartisipasi lebih aktif

Menteri PPPA Harap Forum Anak Berperan Aktif dalam PembangunanMenteri PPPA Bintang Puspayoga dalam kunjungannya ke Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Kaisarea, Kupang, NTT (10/5/2022). (dok. KemenPPPA)

​Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Gereja Ramah Anak Sinode GMIT, Pendeta Ronny Steven Runtu mengatakan Forum Anak merupakan salah satu wujud implementasi perlindungan dan pemenuhan hak anak berbasis gereja.

​​“Forum Anak berbasis Gereja Ramah Anak (GRA) dilaksanakan melalui beberapa strategi di antaranya berupaya menciptakan ruang partisipasi anak untuk berpartisipasi lebih aktif sesuai minat dan bakat dan sebagai jemaat gereja. Selain itu, Forum Anak dapat menjadi media bagi anak untuk menyalurkan aspirasi, keinginan dan kebutuhannya jika ada haknya yang belum terpenuhi,” ujar Pendeta Ronny.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya