Menteri PPPA: Momen Bersejarah, Hari Ibu Bukan Mother's Day

Lebih mengapresiasi seluruh perempuan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Bintang Puspayoga mengungkapkan bahwa Peringatan Hari Ibu (PHI) bukanlah Mother's day

Hari ini, 22 Desember 2023 diperingati sebagai Hari Ibu ke-95. PHI jadi merupakan momentum bersejarah, yang ditetapkan sebagai hari Ibu oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959, tentang hari-hari nasional yang bukan hari libur.

"Hari ibu yang kita rayakan hari ini bukanlah mothers day, esensi hari Ibu bukan hanya untuk mengapresiasi jasa besar ibu yang sungguh istimewa, namun lebih dari itu untuk mengapresiasi seluruh perempuan Indonesia," kata Bintang dalam acara tasyakuran Puncak Peringatan Hari Ibu ke-95 di Kantor BRIN, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

1. Perayaan guna menuju Indonesia emas 2045

Menteri PPPA: Momen Bersejarah, Hari Ibu Bukan Mother's DayTasyakuran Puncak Peringatan Hari Ibu ke-95 di Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Bintang mengatakan peringatan Hari ini Ibu sejak tahun 2019 ini bertemakan perempuan berdaya indonesia maju dengan subtema akan mengikuti tahun berjalan.

"Kegiatan hari ini dilakukan untuk mengingatkan dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia di manapun berada semangat menjaga persatuan dan kesatuan dan mewujudkan mimpi kita menuju Indonesia emas 2045," kata dia.

Maka dari itu, menurut Bintang untuk bisa menuju Indonesia emas 2045 maka peran generasi muda menjadi bagian yang tidak dapat terelakkan lagi.

Baca Juga: Hari Ibu ke-95, Dorong Pentingnya Peran Perempuan dalam Pembangunan

2. Tasyakuran hari ini juga beri penghargaan

Menteri PPPA: Momen Bersejarah, Hari Ibu Bukan Mother's DayMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga dalam agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI) dan Launching Gerakan Zero Stunting Indonesia 2030. (dok. Humas KemenPPPPA)

Rangkaian Kegiatan PHI Ke-95 hari ini, Pemberian Penghargaan kepada Perempuan Pedagang Inspiratif Pasar Rakyat 2023 & Perempuan Pedagang Legendaris 2023, serta penghargaan bagi Pimpinan (PIMTI) dan Penghargaan DRPLA (Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak).

Baca Juga: Komnas Perempuan Dorong PMI Dapat Perlindungan Gender dan HAM

3. Agenda Perayaan Hari Ibu yang diselenggarakan KemenPPPA

Menteri PPPA: Momen Bersejarah, Hari Ibu Bukan Mother's DayTasyakuran Puncak Peringatan Hari Ibu ke-95 di Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 diisi dengan berbagai kegiatan yang mencerminkan semangat perempuan Indonesia. Acara dimulai dengan "MERAYAKAN PEREMPUAN" di Istora Senayan, Jakarta pada 14 November. Diseminasi isu-isu pemberdayaan perempuan dan showcase perempuan inspiratif dari berbagai profesi menjadi sorotan.

Road Show dilakukan di tiga kota, yaitu Aceh, Bali, dan Manokwari, dengan topik berbeda sesuai dengan kekhasan tiap kota. Upacara Bendera dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, pada 14 Desember, menjadi bagian dalam perayaan PHI. 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya