Pemprov DKI Mulai Benahi Trotoar di Kebayoran Baru Mei 2021

DKI akan terapkan konsep penataan complete street

Jakarta, IDN Times - Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta rencananya bakal menata trotoar di Kawasan Kebayoran Baru. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui unggahan di akun Instagramnya, @aniesbaswedan, membagikan ulang penjelasan @binamargadkidari terkait penataan yang akan dilakukan mulai Mei hingga Desember 2021.

"Rencana Penataan Trotoar di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yaitu di Jl. Senopati, Jl. Suryo, Jl. Wolter Monginsidi, Jl. Trunojoyo, dan Jl. Gunawarman yang akan dilakukan mulai Mei 2021 sampai Desember 2021 sepanjang +/- 4,6 kilometer," tulis Anies seperti dikutip IDN Times, Senin (1/3/2021).

Baca Juga: PDIP Sindir Anies: Percuma Trotoar Bagus Tapi Warganya Kebanjiran

1. Tujuan penataan trotoar di Kebayoran Baru untuk mendukung Kawasan TOD Kebayoran Baru

Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta menjelaskan tujuan penataan trotoar di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, adalah untuk mendukung Kawasan TOD Kebayoran Baru dan mobilitas 15-minute City untuk ragam Kelas Sosial Ekonomi.

Selain itu, diharapkan dapat mendorong shifting perpindahan pengguna moda transportasi pribadi di dalam kawasan dengan transportasi publik dan atau sepeda, serta mendorong micro-mobility atau mobilitas jarak pendek dengan moda transportasi tidak bermotor dan menata saluran utilitas kabel udara menjadi bawah tanah.

2. Kawasan Kebayoran sebagai wilayah tempat tinggal, bisnis, hingga wisata

Pemprov DKI Mulai Benahi Trotoar di Kebayoran Baru Mei 2021IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kawasan Kebayoran Baru juga disebut sebagai destinasi tempat tinggal, bisnis, pusat perbelanjaan, dan wisata dengan potensi pengembangan wisata kuliner.

Hal ini, menurut Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta didukung oleh fasilitas publik lainnya dengan tidak menghilangkan identitasnya sebagai Kawasan Cagar Budaya, dan menjadikannya Kawasan Oriented Development (TOD) dengan kemudahan aksesibilitas pejalan kaki, serta kemudahan menuju berbagai akses moda transportasi seperti MRT, BRT, Bus Non BRT di kawasan tersebut.

3. DKI akan terapkan konsep penataan complete street

Pemprov DKI Mulai Benahi Trotoar di Kebayoran Baru Mei 2021IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Konsep penataan complete street adalah penataan ulang ruang jalan sesuai dengan fungsinya, untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan pengguna jalan. Hal ini disesuaikan dengan porsi yang tepat dan memprioritaskan pejalan kaki, pesepeda, dan pengguna transportasi umum.

Pengerjaan pada triwulan 2021 pertama memang dilakukan di Jakarta Selatan. Pemprov DKI Jakarta juga bakal menata trotoar di Jalan Dru Kosambi, Jakarta Barat, Jalan Tebet CS, Jalan Tebet Raya (lanjutan) Jakarta Selatan.

Kemudian, Jalan Kesehatan, Jakarta Pusat, Jalan Raden Saleh di Jakarta Pusat, serta Kawasan Puri dan Jalan Puri Wangi di Jakarta Barat. Selain itu, Jalan Layur di Jakarta Timur, dan area sekitar Jakarta Internasional Stadium, Jalan Sunter Permai Raya hingga Jalan Danau Sunter Barat, Jakarta Utara.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Bakal Fasilitasi UMKM Jualan di Trotoar

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya