Pengacara: Finalis Miss Universe Indonesia Body Checking di Depan Pria

Para finalis kaget karena ada laki-laki di hadapan mereka

Jakarta, IDN Times - Kuasa Hukum Finalis Miss Universe Indonesia 2023, Melissa Anggraini, mengatakan, para finalis Miss Universe Indonesia 2023 diminta mengikuti pemeriksaan tubuh atau body checking tanpa busana di hadapan laki-laki.

Hal ini terjadi pada 1 Agustus 2023 di sebuah ballroom hotel. Tak hanya dilakukan body checking, mereka juga dipotret dalam kondisi tersebut.

"Kami juga cukup terkaget-kaget ketika melihat foto-foto yang diambil oleh mereka, dan terlebih lagi setelah dilakukan body checking diambil gambar dan ada laki-laki," kata dia di Polda Metro Jaya, Senin (8/7/2023).

Baca Juga: Dilecehkan, Finalis Miss Universe Indonesia Tak Tahu Ada Body Checking

1. Tidak ada SOP lakukan body checking

Pengacara: Finalis Miss Universe Indonesia Body Checking di Depan PriaKuasa hukum perwakilan finalis Miss Universe Indonesia (MUID) Mellisa Anggraini laporkan dugaan pelecehan seksual ke Polda Metro Jaya (dok. IDN Times/Istimewa)

Mellisa mengatakan, finalis juga tidak pernah diperlihatkan hasil foto tersebut apakah layak atau tidak.

"Karena yang pertama tidak ada SOP, tidak ada aturan, tidak ada SOP akan dilakukan body checking ini," katanya.

Baca Juga: Dugaan Pelecehan, Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Lapor Polisi

2. Resmi dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Pengacara: Finalis Miss Universe Indonesia Body Checking di Depan PriaIlustrasi laporan polisi (IDN Times/Candra Irawan)

Kasus pelecehan para finalsi Miss Universe Indonesia 2023 ini resmi dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan Nomor: STTLP/B/ 4598 / VIII /2023/SPKT/POLDA METRO JAYA. Terlapor adalah PT Capella Swastika Karya yang merupakan lisensi Miss Universe Indonesia.

Pasal yang dikenakan adalah Pasal 4, 5, 6, 15 dan 16 Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) Nomor 12 Tahun 2022.

"Kami hanya ingin mencari keadilan baik bagi korban maupun perempuan di masa yang akan datang, yang memiliki passion di bidang kecantikan, pageant lover, dan sebagainya," katanya.

Baca Juga: Heboh Isu Finalis Miss Universe Indonesia Diduga Difoto Tanpa Busana

3. Tidak ada di rundown acara

Pengacara: Finalis Miss Universe Indonesia Body Checking di Depan PriaPotret R'Bonney Gabriel, Miss Universe 2022 di Acara Grand Final Miss Universe Indonesia 2023 (Instagram.com/pageantempire)

Mellisa mengatakan, kasus ini berawal dari tidak adanya informasi soal pemeriksaan tubuh kepada para finalis Miss Universe Indonesia 2023. Mellisa menyayangkan adanya tindakan ini.

"Jadi body checking ini tidak pernah ada di-rundown acara, tiba-tiba mereka dihadapkan seolah-olah ditodong harus melakukan body checking yang cukup membuat klien kami ini terpukul, merasa martabatnya dihinakan," kata Mellisa.

Dia mengatakan, dari 30 finalis, terdapat 10 orang lebih yang melaporkan dugaan tindak kekerasan seksual tersebut.

Baca Juga: CEO dan 3 Regional Director Miss Universe Indonesia Mundur, Ada Apa?

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya