Pesan Megawati ke Kaesang: Jadi Ketum yang Amanah

PDIP ajak PSI membangun Indonesia yang lebih maju

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan selamat kepada Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang baru, Kaesang Pangarep.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani usai berjumpa dengan Kaesang. Dia mengatakan, Megawati menitipkan pesan pada putra Presiden Joko “Jokowi” Widodo itu.

“Ya selamat telah menjadi ketua umum PSI, harus bekerja dengan amanah dan membangun Indonesia sebaik-baiknya, sebenar-benarnya untuk bangsa Indonesia itu yang disampaikan (Mega),” katanya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

1. Setiap partai punya strategi masing-masing

Pesan Megawati ke Kaesang: Jadi Ketum yang AmanahKetua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bertemu dengan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023) (IDN Times/Lia Hutasoit)

PDIP, kata Puan, menanggapi perbedaan dukungan antara PSI dan partainya dalam konteks pesta politik 2024. Salah satunya perbedaan dukungan Capres dari PDIP dan PSI.

Dia mengungkapkan, setiap partai punya strategi masing-masing. Dalam hal ini, PDIP mencanangkan Ganjar Pranowo untuk maju dalam kontestasi politik.

“Semua partai punya strateginya masing-masing dalam memenangkan Pileg dan Pilpres yang akan datang,” kata Puan.

Baca Juga: Kaesang Pangarep: PSI Fokus Menangkan Pemilu 2024 dan Maju ke Senayan

2. Perbedaan PSI dan PDIP kata Puan harus saling menghargai

Pesan Megawati ke Kaesang: Jadi Ketum yang AmanahKetua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bertemu dengan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani di KawKetua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bertemu dengan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023) (Dok. PSI)

Meski demikian, Puan mengatakan perbedaan politik yang ada antara PSI dan PDIP harus dihargai, apalagi hingga saat ini belum ada keputusan PSI akan mendukung capres siapa. 

Puan mengatakan, dari pertemuan hari ini, apapun yang terjadi pihaknya akan bertanding dan bersanding untuk membangun Indonesia lebih maju.

“Yang pasti, yang kami bisa sepakati, ya apapun yang akan kami lakukan walaupun berbeda pilihan kita akan siap bertanding. Namun, juga harus siap bersanding setelah pemilu yang akan datang untuk membangun Indonesia ke depan lebih baik dan lebih maju,” kata Puan.

3. Sambut dengan tangan terbuka jika ada ajakan dukungan

Pesan Megawati ke Kaesang: Jadi Ketum yang AmanahKetua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bertemu dengan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023) (Dok. PSI)

Terkait dengan perbedaan dukungan ini, Kaesang mengaku tak ada ajakan dukungan untuk Ganjar dari Puan.

Dia mengklaim pertemuan hari ini harus adil. Jika Puan mau mengajak PSI mendukung Ganjar, pihaknya akan menyambut dengan tangan terbuka. Namun jika tidak, maka celaan apapun tak boleh dilontarkan.

“Kalau saya rasa Mba puan fair-fair aja, kalau mau dukung pasti kami sambut, dengan tangan terbuka. Tapi kalau gak, ya kita harus saling ini, gak boleh kaya tadi saya bilang tidak boleh mencela, ataupun nanti kalau udah selesai pasca pemilu yaudah kita gotong royong lagi, balik lagi karena semuanya balik lagi untuk negara,” kata Kaesang.

Baca Juga: Sambangi Rumah JK, Puan Dijamu Coto Makassar dan Dendeng Balado

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya