Comscore Tracker

Presiden Jokowi Saksikan Langsung Pertandingan Wushu PON Papua

Pertandingan Wushu berlangsung di GOR Futsal KONI, Merauke

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyaksikan secara langsung pertandingan Wushu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Klaster Marauke di GOR Futsal KONI, Merauke, Minggu (3/10/2021).

Dilihat dari siaran langsung Sekretariat Presiden, Jokowi tak datang sendiri saat menyaksikan pertandingan wushu. Dia didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

1. Ini hari terakhir pertandingan wushu di PON

Presiden Jokowi Saksikan Langsung Pertandingan Wushu PON PapuaPresiden Joko "Jokowi" Widodo menyaksikan pertandingan wushu PON Papua klaster Merauke di GOR Futsal KONI, Merauke pada Minggu (3/10/2021) (Youtube/Sekretariat Presiden)

Mengenakan jaket PON, Jokowi menyaksikan hari terakhir pertandingan cabang wushu dengan seksama.

Sebelumnya, Jokowi berada di Jayapura, Papua untuk membuka acara PON XX pada Sabtu (2/10/2021). Perlu waktu 1 jam 15 menit untuk mencapai Marauke ke Jayapura menggunakan pesawat udara, jarak yang ditempuh sekitar 657 kilometer.

Baca Juga: Jokowi: Rumah Sakit TNI LB Moerdani Merauke Dibangun Hanya 20 Hari

2. Jokowi sebut PON jadi panggung persatuan dan kebersamaan

Presiden Jokowi Saksikan Langsung Pertandingan Wushu PON PapuaSejumlah orang berpakaian adat nusantara menari di halaman Kantor Gubernur Papua, Sabtu (19/6/2021). Jelang 105 hari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 edisi Kota Jayapura di tandai pemukulan tifa, pelepasan balon lampion ke udara, tarian nusantara. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Jokowi membuka perhelatan  PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua. Dia mengatakan PON punya makna besar bagi Indonesia dan jadi panggung persatuan dan kebersamaan.

"PON ini juga punya makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia saat ini adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan, ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Jokowi seperti disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

3. Jokowi main bola di atas panggung saat pembukaan PON

Presiden Jokowi Saksikan Langsung Pertandingan Wushu PON PapuaPresiden Jokowi saat pembukaan PON XX Papua (Youtube Sekretariat Presiden)

Di tengah acara pembukaan PON, seorang pengisi acara tiba-tiba meminta Presiden Jokowi untuk naik ke panggung.

"Bapak Presiden sini ikut kita," kata seorang anak di atas panggung meminta Jokowi untuk datang.

Saat Jokowi tiba, sudah ada tiga atlet sepak bola yang menunggunya. Sesampainya di panggung, salah satu atlet menendang bola ke arah Jokowi. Dengan sigap, dia membalas tendangannnya. Selama beberapa menit, mereka berlima akhirnya bermain sepak bola di atas panggung.

Tak berapa lama, seseorang membawa obor PON XX ke hadapan Presiden Jokowi. Lalu, Presiden pun diberi alat musik khas Papua yaitu Tifa. Saat memegang Tifa, Jokowi langsung memainkan dengan memukul-mukul kepala alat musik tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Di Pembukaan PON XX Papua, Jokowi Main Bola di Atas Panggung

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya