Profil Nezar Patria Wamenkominfo yang Baru Dilantik Jokowi

Sebelumnya Staf Khusus V Menteri BUMN

Jakarta, IDN Times - Presiden Jokowi "Jokowi" melantik sejumlah anggota kabinet pada Senin (16/7/2023). Jokowi menunjuk staf khusus Menteri BUMN, Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).

Nezar dilantik di Istana Negara pukul 10.00 WIB. Nezar mendampingi Menteri Komunikasi dan Informatika anyar, Budi Arie Setiadi, yang juga dilantik hari ini. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, berikut adalah profil Nezar Patria.

Jabatan terakhir yang diemban Nezar Patria adalah Staf Khusus V Menteri BUMN. Ia menjabat posisi itu sejak 7 Juni 2022.

Nezar yang merupakan pria kelahiran Sigli, Aceh ini mendapat gelar sarjana dari Fakultas Filsafat, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada 1997. Kemudian melanjutkan gelar Magister Sejarah Hubungan Internasional dari London School of Economics (LSE), Universitas London, Inggris.

Sebel menjabat sebagai staf khusus Menteri BUMN, Pria kelahiran 5 Oktober 1970 ini adalah Direktur Kelembagaan PT Pos Indonesia (Persero) sejak September 2020 hingga Juni 2022.

Dia juga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Dapensi Trio Usaha pada 31 November 2021-13 Juni 2022.

Pria kelahiran Aceh itu juga dikenal sebagai aktivis pada Reformasi 1998. Nezar merupakan salah satu dari 13 korban penculikan aktivis pada masa Orde Baru. 

Nezar adalah putra dari tokoh pers senior asal Aceh. Ayahnya adalah Pemimpin Umum harian Serambi Indonesia, yakni Sjamsul Kahar.

Seperti sang ayah, Nezar juga pernah berkecimpung di dunia jurnalistik. Dia pernah bekerja sebagai jurnalis di Tempo sejak 1999 hingga 2008. Pada 2015, Nezar didapuk menjadi Pemimpin Redaksi The Jakarta Post. Ia menduduki posisi itu hingga 2020.

Baca Juga: Catatan Nezar Patria untuk Andi Arief: Saya Duga Dia Tak Minta Dibela

Baca Juga: IMS 2020: Nezar Patria, Pemred Jakarta Post Korban Penculikan Orba

Baca Juga: Sederet Menteri-Wamen yang Dilantik Jokowi Hari Ini

Topik:

  • Dheri Agriesta
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya