Comscore Tracker

PSBB Transisi DKI, Transjakarta Beroperasi sampai Pukul 22.00 WIB

Khusus tenaga kesehatan, beroperasi hingga pukul 24.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Jelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) masih belum membuka kembali keseluruhan layanannya.

Mengingat arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahwa masa transisi adalah masa penentuan terkait pelonggaran kegiatan masyarakat atau tidak PT Transjakarta akan memperbaharui jam operasional mereka, hal itu dikemukakan oleh Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo.

"Mulai Jumat (5/6), waktu operasional Transjakarta yang sebelumnya dibatasi dari pukul 06.00–18.00 WIB, berubah menjadi mulai pukul 05.00 hingga pukul 22.00 WIB di seluruh koridor utama untuk pelanggan umum dan penambahan waktu operasional layanan khusus bagi tenaga kesehatan pada pukul 22.00–24.00 WIB," kata Nadia melalui keterangan yang dikutip IDN Times, Sabtu (6/6).

1. Daftar rute yang melayani perjalanan selama PSBB masa transisi

PSBB Transisi DKI, Transjakarta Beroperasi sampai Pukul 22.00 WIBIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Nadia juga mencantumkan 13 koridor utama yang hanya melayani perjalanan selama PSBB masa transisi, serta tambahan tiga rute yang terintegrasi dengan stasiun kereta. Berikut rute-nya:

Koridor 1 Blok M – Kota
Koridor 2 Pulogadung 1 – Harmoni
Koridor 3 Kalideres – Pasar Baru
Koridor 3F Kalideres – Gelora Bungkarno
Koridor 4 Pulogadung 2 – Tosari
Koridor 4C TU GAS – Bundaran Senayan
Koridor 4D Pulogadung 2 – Kuningan
Koridor 5 Kampung Melayu – Ancol
Koridor 5C PGC 1 – Harmoni
Koridor 6 Ragunan – Halimun
Koridor 6A Ragunan – Monas Via Kuningan
Koridor 6B Ragunan – Monas Via Semanggi
Koridor 7 Kampung Rambutan – Kampung Melayu
Koridor 8 Lebak Bulus – Harmoni
Koridor 8A Grogol 2 – Harmoni
Koridor 9 Pinang Ranti – Pluit
Koridor 10 PGC 2 – Tanjung Priok
Koridor 11 Kampung Melayu – Pulo Gebang
Koridor 12 Penjaringan – Sunter Boulevard Barat
Koridor 13 Ciledug – Tendean
Koridor 13A Puribeta – Blok M
Koridor 13C Puribeta – Dukuh Atas
Koridor 13E Puribeta - Kuningan

Serta tambahan 3 rute non-koridor terintegrasi dengan stasiun KCI yakni 1B (Stasiun Palmerah – Tosari), 1H (Stasiun Gondangdia), dan 6M (Stasiun Manggarai – Bundaran Senayan).

Baca Juga: PSBB Transisi DKI, Sistem Ganjil Genap Kendaraan Diadakan Kembali!

2. Layanan Transjakarta yang masih beroperasi

PSBB Transisi DKI, Transjakarta Beroperasi sampai Pukul 22.00 WIBIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Nadia juga menjelaskan bahwa Layanan untuk petugas kesehatan Transportasi Tenaga Medis dan Paramedis (TTMP), Tenaga Rumah Sakit (TRS), dan Transcare masih beroperasi normal.

"Sementara layanan lainnya seperti layanan wisata, layanan mikro trans, layanan bus gratis, layanan non-koridor wilayah perbatasan, dan layanan premium 2 Royaltrans belum beroperasi dalam waktu dekat ini," kata Nadia.

Maka dari itu, untuk rute rute di luar yang telah disebutkan di atas akan dilakukan monitoring dan evaluasi berkala akan kebutuhan pembukaannya tergantung kepada kesiapan dan kedisiplinan warga. 

3. Penerapan protokol kesehatan di Transjakarta

PSBB Transisi DKI, Transjakarta Beroperasi sampai Pukul 22.00 WIBIDN Times/Rochmanudin

Transjakarta sudah menjalankan protokol kesehatan COVID-19 seperti pemeriksaan tubuh bagi penumpang dan petugas. Penyediaan hand sanitizer di halte dan fasilitas cuci tangan di bus. Serta mewajibkan petugas dan penumpang melakukan jaga jarak serta mengenakan masker.

Kapasitas angkut pelanggan dalam bus juga sudah diatur dengan membatasinya sebanyak 50 persen dari kapasitas normal. Untuk bus single kapasitas maksimum adalah 30 orang dan bus gandeng hanya dapat mengangkut kapasitas maksimal 60 orang. 

"Disiplin dan bekerja sama dengan baik guna menghindari potensi lonjakan penularan virus COVID-19 pada masa transisi ini. Selalu jaga kesehatan diri dan ketahanan tubuh, bertawakal serta berdoa untuk menenangkan dan membahagiakan jiwa," ujarnya.

Baca Juga: Sardjono Jhony, Eks Dirut Merpati Ditunjuk Jadi Bos Baru Transjakarta

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya