Reaksi Anies saat Risma Temukan Tunawisma di Sudirman-Thamrin

Tugaskan Kadinsos untuk respons hal ini

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyikapi aksi Menteri Sosial Tri Rismaharini yang blusukan di kawasan Sudirman-Thamrin dan menemukan seorang penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) atau tunawisma.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung memerintahkan Kepala Dinas Sosial untuk memeriksa hal tersebut.

"Kami, saya, Pak Gubernur memerintahkan langsung Kadinsos untuk mengecek siapa orangnya, kenapa ada di situ (Sudirman-Thamrin)," kata Riza kepada wartawan, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (6/1/2021)

1. Mengaku terkejut ada tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin

Reaksi Anies saat Risma Temukan Tunawisma di Sudirman-ThamrinSeorang tunawisma tertidur di depan Taman Lapangan Banteng pada Sabtu, 8 Agustus 2020 (IDN Times/Besse Fadhilah)

Riza mengatakan baru mendengar keberadaan tunawisma di wilayah tersebut. Apalagi sejak dia berada di Jakarta selama puluhan tahun, menurutnya, tak pernah ada tunawisma hidup di kawasan protokol Sudirman-Thamrin yang notabene adalah pusat kota.

"Terkait dengan adanya tunawisma di jalan Sudirman-Thamrin memang saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur empat tahun baru denger ada tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin," kata dia.

Baca Juga: Begini Nasib Gelandangan Setelah Dibawa Risma ke Balai Rehabilitasi

2. Kota lain juga punya kasus yang sama

Reaksi Anies saat Risma Temukan Tunawisma di Sudirman-ThamrinMensos Risma bujuk gelandangan di Jalan Thamrin agar tinggal di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur”, Bekasi, Senin (4/1/2021) (Dok. Kemensos )

Riza tidak memungkiri bahwa memang masih ada tempat-tempat di Jakarta yang menjadi tempat tinggal tunawisma. Namun, dia mengatakan bahwa keberadaan tunawisma juga ada di kota-kota besar seperti Jakarta.

"Di seluruh Indonesia di kota, ada orang yang belum memiliki rumah mencari tempat berteduh tinggal di tempat yang paling baik dan paling enak, di antaranya tempat yg paling enak bagi tunawisma adalah di kolong jembatan," kata dia.

3. Mensos Risma temukan tunawisma di Jalan Thamrin

Reaksi Anies saat Risma Temukan Tunawisma di Sudirman-ThamrinMensos Risma bujuk gelandangan di Jalan Thamrin agar tinggal di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur”, Bekasi, Senin (4/1/2021) (Dok. Kemensos )

Menteri Sosial Tri Rismaharini menemukan seorang paruh baya yang tengah tidur lelap beralaskan kardus di jalur pedestrian Plaza UOB, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat pada Senin (4/1/2020) pagi.

Kepada Risma, pria bernama Kastubi itu mengaku tidak memiliki tempat tinggal. Risma mengajak Kastubi agar tinggal di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur”, Bekasi, Jawa Barat.

“Bapak ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal biar bapak tidak kehujanan ya. Nanti ada yang jemput ya, tapi bukan Satpol PP. Tapi bapak jangan kemana-mana,” kata Risma dalam siaran tertulis, Senin (4/1/2021).

Baca Juga: Pemprov DKI Siapkan 5 GOR untuk Tunawisma, Ini Lokasi dan Fasilitasnya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya