Comscore Tracker

Satu Pasien Suspect Corona di Bandung Berhubungan dengan Kasus 1 Depok

Ada kontak dengan pasien Kasus 1 asal Depok

Jakarta, IDN Times - Juru bicara penanganan virus corona atau COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan ada satu pasien suspect virus corona atau COVID-19 di Bandung, Jawa barat. Penemuan pasien ini adalah hasil pengembangan dari Kasus 1 COVID-19 di Depok yang melakukan kontak dengan WNA asal Jepang yang kemudian dinyatakan positif virus corona.

"Bagian dari klaster (kasus) satu, dia close contact dengan kasus nomor satu," kata pria yang akrab disapa Yuri di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3).

1. Akan dilakukan tracking contact terhadap pasien suspect tersebut

Satu Pasien Suspect Corona di Bandung Berhubungan dengan Kasus 1 DepokPemeriksaan virus corona terhadap suporter Persita Tangerang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Jika pasien suspect tersebut terkonfirmasi positif, pihaknya akan melakukan pelacakan orang-orang yang pernah melakukan interaksi dengannya baik kontak langsung maupun tidak langsung.

"Kami akan lakukan contact tracking dari orang itu di sub klaster-nya jika terkonfirmasi positif," katanya.

Baca Juga: Kemenkes Koordinasi dengan Daerah soal Biaya Cek Virus Corona

2. Diisolasi di rumah sakit Bandung

Satu Pasien Suspect Corona di Bandung Berhubungan dengan Kasus 1 DepokANTARA FOTO/Yonhap via REUTERS

Yuri juga menjelaskan bahwa sampai saat ini pasien tersebut masih diisolasi di salah satu rumah sakit di Bandung, Jawa Barat. Menurutnya pihak rumah sakit masih melakukan pemeriksaan berkali-kali.

"Sampai saat ini statusnya masih suspect, kan enggak bisa sekali periksa langsung pasti ketemu positif," katanya.

3. Pasien Kasus 1 dan Kasus 2 mulai membaik

Satu Pasien Suspect Corona di Bandung Berhubungan dengan Kasus 1 DepokPengecekan suhu badan di lingkungan Balai Kota DKI Jakarta (Dok. Humas DKI Jakarta)

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan adanya dua WNI yang positif terinfeksi virus corona pada Senin (2/3). Pemerintah membenarkan keduanya merupakan warga Depok.

Mereka kemudian disebut sebagai Kasus 1 dan Kasus 2 dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. Yuri mengatakan bahwa kondisi dua pasien positif corona tersebut mulai membaik.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: 8 Pasien Suspect Virus Corona Pernah Kontak dengan Kasus 1 dan 2

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya