Siap Gebrak Jakarta, Coldplay Masuk Indonesia Pakai Visa Khusus

Ada 162 visa dikeluarkan untuk penampilan Coldplay

Jakarta, IDN Times - Coldplay siap menggelar konser yang bertajuk Music of The Spheres di Indonesia, Rabu (15/11/2023). Grup band pelantun "Yellow" ini pun terpantau sudah sampai di Jakarta.

Grup musik asal Inggris ini masuk Indonesia dengan visa khusus, yani visa jenis Musik and Art, pasca-diluncurkan pada September 2023 Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim menyebut, kedatangan Coldplay adalah momentum yang tepat untuk sosialisasikan jenis visa baru Indonesia.

“Pemerintah berupaya menjadikan Indonesia sebagai negara destinasi kegiatan/event internasional yang diperhitungkan. Untuk itu Direktorat Jenderal Imigrasi mengeluarkan
kebijakan music and art visa, dengan persyaratan yang ringkas dan pengajuannya juga sangat mudah, dilakukan secara online,” kata dia dalam keterangannya dilansir Rabu (15/11/2023).

Baca Juga: Coldplay Konser di SUGBK, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya

1. Penyederhanaan dokumen karena tak berada di Indonesia dalam waktu lama

Siap Gebrak Jakarta, Coldplay Masuk Indonesia Pakai Visa KhususDirektur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI, Rabu (21/6/2023). (dok. Humas Ditjenim)

Ada penyesuaian kebutuhan dokumen. Saat ini, artis internasional yang akan menggelar konser musik di Indonesia tak lagi perlu lampirkan izin tenaga kerja, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), hingga surat keterangan berpengalaman kerja minimal lima tahun.

Penyederhanaan persyaratan untuk artis mancanegara dilakukan karena mereka hanya beraktivitas sebentar di Indonesia.

“Pekerjaan yang dilakukan oleh grup band atau penyanyi mancanegara di Indonesia juga tidak memberikan efek persaingan kepada tenaga kerja lokal. Selain itu, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) tidak ada di luar negeri sehingga jika dipersyaratkan akan menjadi hal yang tidak lazim," ujar Silmy.

2. Ada 162 visa dikeluarkan untuk penampilan Coldplay

Siap Gebrak Jakarta, Coldplay Masuk Indonesia Pakai Visa KhususIlustrasi visa (unsplash.com/Global Residence Index)

Permohonan visa Music and Art dapat dilakukan langsung oleh pihak penyelenggara acara atau promotor melalui website evisa.imigrasi.go.id. Secara rinci, visa jenis ini yang diterbitkan untuk Coldplay dan krunya, terdiri dari empat music performer visa (indeks C7A) serta 158 music performer’s crew visa (indeks C7B).

“Kita dukung Indonesia agar menjadi negara destinasi wisata musik dan seni. Indonesia punya banyak spot wisata yang alamnya indah dan budayanya sangat unik. Jika semakin banyak orang (WNA) datang ke sini untuk nonton konser musik, kita membuka peluang bagi mereka untuk mengeksplorasi sisi-sisi menarik Indonesia yang lain sehingga mendatangkan devisa. Selain itu, dari sisi WNI juga tak perlu ke luar negeri untuk nonton konser,” ujar Silmy.

Baca Juga: Biaya Sewa GBK untuk Konser Coldplay Selama 13 Hari, Tembus Miliaran!

3. Coldplay akan guncang GBK hari ini

Siap Gebrak Jakarta, Coldplay Masuk Indonesia Pakai Visa Khusustwitter.com/coldplay (konser Coldplay Music of the Spheres World Tour di Kaohsiung)

Konser Coldplay di Jakarta akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Rabu (15/11/2023) malam. Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion akan menghibur penggemarnya mulai pukul 21.00 WIB.

Sementara, pintu akan mulai dibuka pada pukul 13.00 WIB untuk area pra-fungsi. Sedangkan pintu untuk semua pemegang tiket akan dibuka pada pukul 17.00 WIB.

Sebelum Chris Martin dan band-nya menggebrak Jakarta, Rahmania Astrini akan menghibur terlebih dahulu sebagai bintang pembuka konser.

Promotor konser Coldplay Indonesia, PK Enterteinment menyatakan e-tiket akan dikirim langsung ke email yang terdaftar, tiga hari sebelum konser. Setiap pemegang tiket diminta menyiapkan tangkapan layar tiket elektronik miliknya sebagai syarat masuk area konser.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya