Comscore Tracker

Ternyata Ini Peran Hutan Mangrove Menekan Perubahan Iklim Indonesia

Mangrove dapat bantu kurangi perubahan iklim

Jakarta, IDN Times – Peningkatan Gas Rumah Kaca (GRK) yang terdiri dari CO2, CH4, CFC, HFC, N2O terutama CO2 di atmosfer membuat suhu udara menjadi meningkat (global warming), hal itulah yang akhirnya menimbulkan perubahan iklim yang terjadi secara global.

Pergeseran musim yang terjadi, memicu terjadinya banjir, tanah longsor pada musim hujan, dampak lainnya adalah kekeringan karena kemarau. Selain itu curah hujan yang tinggi juga menyebabkan naiknya permukaan air laut yang dapat berakibat pada tenggelamnya pulau-pulau kecil akibat banjir rob.

1. Potensi hutan mangrove untuk lawan perubahan iklim

Ternyata Ini Peran Hutan Mangrove Menekan Perubahan Iklim IndonesiaIDN Times/Daruwaskita

Di Kawasan pesisir, mangrove adalah ekosistem terdepan yang akan berpengaruh pada efek perubahan iklim. Sebuah jurnal berjudul Impact of expected climate change on mangroves oleh Field, menyatakan bahwa mangrove mengalami kondisi peningkatan suhu udara.

Dilansir melalui Antara, mangrove punya potensi yang besar untuk mengatasi perubahan iklim. Laju fotosintetis tanaman termasuk mangrove dapat meningkatkan konsentrasi CO2 di atmosfir, terutama dalam menyerap emisi GRK. Keberadaan mangrove memberi sumbangan sangat potensial untuk kurangi emisi karbon dibanding dengan hutan hujan tropis.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Pengaruh Perubahan Iklim pada Kehidupan Sehari-hari

2. Kondisi hutan mangrove di Indonesia memprihatinkan

Ternyata Ini Peran Hutan Mangrove Menekan Perubahan Iklim IndonesiaIDN TImes/Reza Iqbal

Hutan mangrove memiliki kerapatan empat kali lipat dibanding hutan tropis pada umumnya, potensi penyimpanan karbon juga dirasa lebih besar dibanding hutan tropis. Kemampuan mangrove dalam menyimpan karbon membuat peningkatan emisi karbon di alam dapat berkurang.

Namun keadaan hutan mangrove di Indonesia semakin memprihatinkan, pembuangan sampah yang sembarangan merusak ekosistem pertumbuhan mangrove.

3. 50 persen hutan mangrove di Indonesia rusak

Ternyata Ini Peran Hutan Mangrove Menekan Perubahan Iklim IndonesiaIDN Times/Reza Iqbal

Hutan mangrove yang ada di Indonesia saat ini menyimpan 3,14 ton karbon atau setara dengan sepertiga kebutuhan karbon di dunia. Namun, sayangnya saat ini keadaan hutan mangrove di Indonesia semakin buruk dan hancur, Indonesia saat ini darurat mangrove.

Melalui data yang dihimpun oleh Walhi, Indonesia memiliki 23 persen mangrove dari populasi mangrove di dunia, namun 50 persen di antaranya dalam keadaan rusak.

Baca Juga: Ini 7 Tempat di Dunia yang Paling Merasakan Dampak Perubahan Iklim 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You