Viral Kasus KDRT Dokter Q: Sedang Hamil hingga Suami Jadi Tersangka

Suaminya telah ditahan polisi

Jakarta, IDN Times - Seorang dokter perempuan di Bogor, Jawa Barat menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dokter Q (31) meninggalkan rumah selama beberapa hari. Kisahnya viral usai sang suami Willy Sulistio (39) mencari keberadaannya melalui media sosial.

Namun belakangan diketahui bahwa Dokter Q kabur karena mengalami KDRT berulang dari suaminya. Meski kini Dokter Q sudah kembali, tetapi suaminya telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Resor Bogor.

Dokter Q yang sudah memiliki tiga orang anak itu juga saat ini tengah mengandung. Kini dia sudah mendapat perlindungan di Pusat Pelayanan untuk Perempuan dan Anak (P2TP2A).

“Kami mendapat informasi bahwa yang bersangkutan berada di P2TP21 meminta perlindungan,” kata Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro dikutip dari ANTARA, Senin (20/11/2023).

Baca Juga: Waspada Dampak Fatal Perkawinan Anak, KDRT hingga Stunting

1. Berawal dari pertengkaran di tengah malam

Viral Kasus KDRT Dokter Q: Sedang Hamil hingga Suami Jadi TersangkaKorban KDRT dr Qory Ulfiyah Ramayanti di Mapolres, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023). (ANTARA/HO-Humas Polres Bogor)

Dokter Q diketahui tengah hamil enam bulan dan kabur dari rumahnya sejak Senin, 13 November 2023 sekitar pukul 09.30 WIB. 

Dia mengatakan, awal mula pertengkarannya dengan sang suami terjadi pada 13 November dini hari. Dia berniat memberikan kejutan kepada suaminya yang akan berulang tahun ke-39.

Saat Dokter Q ingin mematikan televisi untuk memberikan kejutan, Willy merasa tersinggung. Pertengkaran keduanya berlanjut pada pagi hari sekitar pukul 07.30 WIB. Dia mengambil dua bilah pisau dari dapur, tetapi berhasil ditenangkan oleh Dokter Q.

Baca Juga: Komnas Perempuan Soroti Layanan Kesehatan Mental Korban KDRT

2. Korban ditendang dan diinjak suaminya

Viral Kasus KDRT Dokter Q: Sedang Hamil hingga Suami Jadi TersangkaIlustrasi tindak kekerasan terhadap perempuan. (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain itu, pada saat Dokter Q berada di depan kamar, kata Rio, korban ditendang berkali-kali hingga terjatuh dan diinjak bagian lehernya.

"Atas kejadian ini kami melakukan penahanan terhadap yang bersangkutan karena melanggar Pasal 44 Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan KDRT," ujar Rio.

Baca Juga: Tiap Jam Tiga Perempuan Jadi Korban KDRT di Rumahnya Sendiri

3. Ada temuan luka di tubuh dokter Q

Viral Kasus KDRT Dokter Q: Sedang Hamil hingga Suami Jadi Tersangkailustrasi kekerasan (IDN Times/Nathan Manaloe)

Polres Bogor telah berkoordinasi dengan Pusat P2TP2A untuk menghadirkan korban di Polres Bogor. Dokter Q dimintai keterangan dan ditemukan sejumlah tanda kekerasan yang dialami warga Kelurahan Nanggewer, Cibinong, Bogor itu.

Setelah memberikan keterangan kepada polisi, dia menjalani visum dan melaporkan suaminya atas kasus KDRT. 

4. Willy ditetapkan jadi tersangka

Viral Kasus KDRT Dokter Q: Sedang Hamil hingga Suami Jadi TersangkaTersangka KDRT Willy Sulistio di Mapolres, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023). (ANTARA/HO-Humas Polres Bogor)

Polres Bogor pada Jumat, 17 November 2023 langsung menetapkan Willy sebagai tersangka KDRT terhadap Dokter Q.

“Tim menemukan bukti permulaan yang cukup dengan dua alat bukti, bahwa kami menerapkan KDRT yang menyebabkan korban kabur dari rumah,” kata Rio.

Baca Juga: Menteri PPPA: Masyarakat Mulai Sadar KDRT tetapi Angkanya Masih Tinggi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya