Wacana Bioskop DKI akan Buka Lagi, DPRD Ingatkan Anies soal Ini

Anies berencana akan buka bioskop dalam waktu dekat

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani, merespons wacana pembukaan bioskop di tengah pandemik COVID-19.

Zita mengingatkan semua pihak untuk saling mengesampingkan ego lebih dulu di saat seperti ini. Dia juga mempertanyakan apakah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih ingat ungkapannya tentang penggunaan data dalam mengambil keputusan.

“Tapi kembali lagi, wewenang di Gubernur. Cuma saya kok teringat waktu itu pak Anies bilang mengambil keputusan based on data. Sekarang datanya menunjukan positivity rate 10 persen di DKI, dan Pak Gubernur pernah bilang tidak akan segan untuk tarik emergency break. Mudah-mudahan masih ingat ya dengan apa yang disampaikan” kata Zita dalam keterangannya, Rabu (26/8/2020).

1. Pertanyakan apa urgensinya membuka bioskop

Wacana Bioskop DKI akan Buka Lagi, DPRD Ingatkan Anies soal IniWakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani saat menyajikan presentasi policy responds kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim (Instagram/Zitaanjani)

Zita juga mempertanyakan atas dasar apa bioskop di DKI Jakarta perlu dibuka saat ini.

Dia meminta agar para pengampu kebijakan bisa menahan diri karena di kondisi seperti ini berdampak bagi banyak orang dan saling berkorban.

"Kalau bioskop mau buka, apa urgensinya?," ujarnya.

Baca Juga: Bioskop di DKI Belum Juga Dibuka, Pengusaha: Capek Berharap

2. Bandingkan dengan dunia pendidikan yang juga terdampak

Wacana Bioskop DKI akan Buka Lagi, DPRD Ingatkan Anies soal IniKPAI melakukan pengawasan langsung ke sejumlah sekolah yang melakukan pembelajaran tatap muka. Dok. KPAI

Zita juga mengatakan jika satu pihak seperti dunia hiburan bioskop merasa terdampak, dia kembali bertanya dampak yang juga terasa di dunia pendidikan, karena hingga saat ini anak-anak tidak bisa kembali melakukan kegiatan belajar di sekolah.

"Ya kalau saya saran tunda dulu, lah. Ini kita sedang berjuang lawan COVID, bukan sedang enak-enakan," ujarnya.

3. Anies membuka bioskop karena ada 47 negara yang ambil langkah duluan

Wacana Bioskop DKI akan Buka Lagi, DPRD Ingatkan Anies soal IniGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (IDN Times/Aryodamar)

Diberitakan IDN Times sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa bioskop akan dibuka dalam waktu dekat. Hal itu diungkapkan Anies dalam sebuah konferensi pers yang disiarkan YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop akan kembali dibuka. Dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detail dan adanya pengawasan yang ketat. Sehingga pelaku industri memberikan jasa kepada masyarakat tanpa risiko yang besar," ucap Anies, Rabu (26/8/2020).

Menurut mantan Menteri Pendidikan itu, rencana pembukaan bioskop berdasar pada studi dan kajian pakar terkait pengelolaan bioskop yang sudah dilakukan berbagai negara.

Hal ini juga telah dirundingkan dengan Satgas COVID-19, bahkan hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

"Jadi 47 negara saat ini kegiatan bioskop sudah berjalan seperti biasa. Bahkan di Korea Selatan, selama pandemi termasuk puncak pandemi mereka di sana bioskop tidak ditutup," katanya

Baca Juga: Anies Baswedan: Bioskop di Jakarta akan Kembali Dibuka

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya