Anies Baswedan: Bioskop di Jakarta akan Kembali Dibuka

Pembukan bioskop di DKI sempat ditunda sebelumnya

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa bioskop akan dibuka dalam waktu dekat. Hal tersebut diungkapkan Anies dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop akan kembali dibuka. Dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detail dan adanya pengawasan yang ketat. Sehingga pelaku industri memberikan jasa kepada masyarakat tanpa risiko yang besar," ucap Anies, Rabu (26/8/2020).

1. Pembukaan bioskop sudah dikaji pakar

Anies Baswedan: Bioskop di Jakarta akan Kembali DibukaZhifei Zhou on Unsplash" target="_blank">unsplash.com/@phoebezzf

Anies mengungkapkan, rencana pembukaan bioskop berdasarkan studi dan kajian pakar soal pengelolaan bioskop yang sudah dilakukan berbagai negara. Hal ini juga telah didiskusikan dengan Satgas COVID-19 hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

"Jadi 47 negara saat ini kegiatan bioskop sudah berjalan seperti biasa. Bahkan di Korea Selatan, selama pandemi termasuk puncak pandemi mereka di sana bioskop tidak ditutup," katanya

Baca Juga: Bioskop di DKI Belum Juga Dibuka, Pengusaha: Capek Berharap

2. Anies akan meninjau kesiapan bioskop-bioskop sebelum resmi dibuka

Anies Baswedan: Bioskop di Jakarta akan Kembali DibukaGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (IDN Times/Aryodamar)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2014-2016 itu mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan regulasi untuk membuka bioskop di tengah pandemik COVID-19. Hal itu disebut juga melibatkan pelaku usaha.

"Kami selalu garisbawahi kepada mereka, persiapan dilakukan tapi keputusan mengenai pembukaan nanti kita melihat kondisi Jakarta. Dan juga kita melihat bagaimana kesiapan pelaku mengeksekusinya," jelasnya.

3. Pembukaan bioskop di DKI sempat ditunda

Anies Baswedan: Bioskop di Jakarta akan Kembali DibukaSejumlah mobil mendatangi area pemutaran film di area parkir Mall Alam Sutera, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (1/8/2020) (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta sempat akan membuka bioskop pada 29 Juli 2020. Namun, hal itu urung terlaksana.

"Iya betul (ditunda) karena kondisi COVID-19 di Jakarta lagi gak kondusif," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta saat itu, Cucu Ahmad Kurnia kepada IDN Times, Kamis (17/7/2020).

Baca Juga: Bolak-balik Batal Buka, Akankah Bioskop Tutup Permanen?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya