Wagub DKI: 106 Pedagang Pasar Positif COVID-19, Sebagian Sudah Sembuh

Riza mengklaim 50 persen pedagang telah sembuh

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan ada 106 pedagang di pasar tradisional di ibu kota positif virus corona atau COVID-19. Riza mengkalim sebanyak 50 persen pedagang yang positif sudah dinyatakan sembuh.

"(Sebanyak) 106 pedagang positif COVID-19 dari 5.664 pedagang. Lebih 50 persen dari 106 yang positif tersebut dinyatakan sembuh," cuit Riza melalui akun Twitternya, Kamis (25/6).

1. Sebanyak 59 pasar di DKI sudah dilakukan tes swab

Wagub DKI: 106 Pedagang Pasar Positif COVID-19, Sebagian Sudah SembuhAnies Baswedan dan Riza Patria (Facebook/Anies Baswedan)

Riza menjelaskan Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan swab test atau tes usap virus corona di 59 pasar tradisional. Sementara, ada 153 pasar tradisional di Jakarta.

Hasilnya, menurut Riza, kasus COVID-19 ditemukan di 18 pasar serta satu pasar negatif dari virus corona. Namun, dia tidak secara detail menyebutkan pasar mana saja yang dimaksud.

Sedangkan, 30 pasar lainnya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

Baca Juga: 49 Pedagang Pasar Induk Kramat Jati Positif COVID-19, Pasar Ditutup?

2. Dari 5.664 hanya dua persen yang terkena COVID-19

Wagub DKI: 106 Pedagang Pasar Positif COVID-19, Sebagian Sudah SembuhPasar Gembrong (Antara/Livia Kristianti)

Riza menjelaskan hanya dua persen dari jumlah 5.664 pedagang yang terkonfirmasi terinfeksi COVID-19 di Jakarta, atau sebanyak 113 pedagang.

"Itu artinya tidak lebih dari dua persen, memang ada pedagang yang terkena virus corona," ujar dia.

Riza berharap para pedagang dan pembeli yang melakukan aktivitas di pasar tradisional, tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penularan COVID-19.

3. Riza sebut sejumlah pasar sudah terapkan protokol kesehatan

Wagub DKI: 106 Pedagang Pasar Positif COVID-19, Sebagian Sudah SembuhPasar Induk Kramat Jati, Jakarta (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Pada Kamis (25/6), Riza memang melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional di DKI Jakarta. Salah satunya ke Pasar Pramuka dan Pasar Burung, Jakarta Timur.

Dari hasil sidak tersebut, Riza memeriksa penerapan protokol kesehatan, dan hasilnya penerapan protokol berjalan baik.

"Tadi saya juga ke Pasar Burung mengecek kepastian dari pada protokol kesehatan yang ada di Pasar Burung. Alhamdulillah, secara umum sudah baik, memang kita ingin di pasar-pasar ini tidak ferjadi klaster baru," kata dia.

Baca Juga: 709 Pedagang di Pasar Tradisional Positif Virus Corona, 32 Meninggal 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya