Comscore Tracker

Wagub DKI: Bansos Tunai Rp300 Ribu Mulai Disalurkan 10 Hari Lagi

Pendistribusian ATM untuk bansos tunai sedang disusun

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bantuan sosial tunai (BST) rencananya bakal cair dalam waktu kurang dari dua pekan.

"Mudah-mudahan dalam 10 hari ini sudah diterima (BST)," kata dia di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (6/1/2021).

Dia mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mempersiapkan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk proses distribusi uang tersebut.

Baca Juga: Segera Cair Januari, Begini Cara Cek Penerima Bansos Tunai Rp300 Ribu

1. Ada 1.242.096 KK yang terima BST dari DKI

Wagub DKI: Bansos Tunai Rp300 Ribu Mulai Disalurkan 10 Hari LagiANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Riza menyebutkan ada 1.242.096 Kepala Keluarga (KK) yang mendapat BST dari Pemprov DKI Jakarta, ditambah dengan BST dari pemerintah pusat atau Kementerian sosial 750.000 KK.

"Jadi totalnya kira-kira 1.992.096 KK," kata dia.

Bantuan dari Pemprov DKI disalurkan lewat Bank DKI, sedangkan dari pemerintah pusat akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia dan bank dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Riza mengatakan jumlah penerima bantuan berkurang karena sudah banyak warga yang bisa kembali bekerja dan ekonominya pulih.

Wagub DKI: Bansos Tunai Rp300 Ribu Mulai Disalurkan 10 Hari LagiInfografis cara memeriksa data bansos tunai (IDN Times/Sukma Shakti)

2. Bansos tunai akan disalurkan melalui ATM, sehingga tidak 'disunat'

Wagub DKI: Bansos Tunai Rp300 Ribu Mulai Disalurkan 10 Hari LagiRiza Patria dalam Paripurna Pemilihan Wagub DKI Jakarta(6/4) (Dok. Humas DPRD DKI Jakarta)

Riza menjelaskan bansos tunai sebesar Rp300 ribu tersebut bakal disalurkan melalui ATM, yang bisa ditarik masyarakat. Dia mengatakan uang tersebut tidak akan berkurang sepeser pun dari yang disalurkan pemerintah.

"Jadi kami pastikan BST akan diterima, tidak hanya besar utuh, tidak dikurangi satu perak pun, Rp300 ribu juga langsung diterima oleh yang bersangkutan," kata dia.

3. ATM tak akan dititipkan dan akan langsung disalurkan kepada masyarakat

Wagub DKI: Bansos Tunai Rp300 Ribu Mulai Disalurkan 10 Hari LagiWagub DKI Jakarta Riza Patria di lahan Sawah Abadi, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur pada Rabu (15/7/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Riza mengatakan jika nanti ATM sudah tersedia, maka dana akan otomatis langsung dikirim dan tidak boleh dititipkan. 

Pembagian kartu ATM akan memanfaatkan bangunan seperti sekolah yang dekat dengan warga. Bank tidak dapat menitipkan kartu ATM ke RT atau RW dan bakal dibagikan langsung kepada masyarakat penerima bansos tunai.

"Jadi harus ketemu langsung, face to face, ketemu langsung," ujar Riza.

Baca Juga: Warga Jabodetabek Dapat Bansos Tunai Rp300 Ribu Hingga April 2021

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya