Wagub DKI: TPU Rorotan Siap Menampung Jenazah Pasien COVID-19

"Rorotan tadi 1.500 untuk sementara yang siap."

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengecek kesiapan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara, untuk pemakaman jenazah pasien COVID-19. Riza mengatakan TPU Rorotan siap digunakan pada awal Februari.

"Insyaallah minggu depan sudah bisa difungsikan. Sekarang dalam proses penyiapan akses jalan menuju tempat pemakaman," kata Riza, Rabu (27/1/2021).

1. Tiap bulan akan ada penambahan seribu petak makam

Wagub DKI: TPU Rorotan Siap Menampung Jenazah Pasien COVID-19Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersama dengan Riza Patria mengapresiasi keberadaan Tugu Peringatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kawasan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Instagram.com/kominfotik_ju)

Riza menjelaskan ada 8 ribu meter persegi lahan yang disiapkan untuk menampung 1.500 jenazah dan bakal ditambah tiap bulannya sebanyak kurang lebih 1.000 petak makam.

"Rorotan tadi 1.500 untuk sementara yang siap. Nanti setiap bulan akan kami tambah sebesar 1.000 kurang lebih," kata dia.

Baca Juga: Awal Februari TPU Rorotan Siap Tampung Jenazah COVID-19

2. Siapkan sejumlah TPU untuk tampung jenazah COVID-19

Wagub DKI: TPU Rorotan Siap Menampung Jenazah Pasien COVID-19Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati

Riza juga mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyediakan lima TPU lainnya untuk pemakaman jenazah dengan protokol COVID-19.

Salah satunya adalah di TPU Bambu Apus yang lahannya telah disiapkan 5 hektare dengan luas 3.000 meter persegi serta daya tampung 800 petak makam.

Serta TPU Srengseng Sawah yang sedang dalam proses persiapan dengan total luas tanah 3,4 hektare dan daya tampung 1.900 petak makam, kemudian ada juga TPU Tegal Alur dengan 1,3 hektare lahan tambahan yang mampu menampung 800 petak makam.

3. Berharap lahan pemakaman tak lagi diisi jenazah COVID-19

Wagub DKI: TPU Rorotan Siap Menampung Jenazah Pasien COVID-19Seorang ibu melihat proses pemakaman jenazah keluarganya yang meninggal dunia karena COVID-19 di TPU Srengseng Sawah, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka area pemakaman untuk jenazah COVID-19 di TPU Srengseng Sawah karena Taman Pemakaman Umum (TPU) khusus COVID-19 telah penuh (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Riza juga mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan lahan  di Pondok Gede seluas 2,1 hektare yang dapat menampung 3.900 petak makam.

"Jadi Insyaallah di bulan depan secara bertahap kita akan mempersiapkan tidak kurang dari 17.100 petak," kata dia.

Walaupun pemerintah DKI Jakarta tetap mengupayakan adanya ketersedian lahan pemakaman COVID-19, Riza berharap agar makan-makan ini tak lagi diisi oleh jenazah korban COVID-19.

"Sulit menyiapkan lahan dalam jumlah besar, tapi untuk pemakaman COVID-19 kami siapkan sebaik mungkin," kata Riza.

Baca Juga: DKI Buka TPU Bambu Wulung, Sudah 162 Jenazah COVID-19 Dimakamkan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya