Sejarah Masjid Al-Aqsa, Kiblat Pertama Umat Islam

Al-Aqsa kerap jadi sasaran serangan konflik Israel Palestina

Jakarta, IDN Times - Konflik antara kelompok pejuang Palestina, Hamas, dan Israel kian memanas sejak serangan yang dilancarkan pada Sabtu (7/10/2023). Serangan pejuang multi-front dari Hamas yang berupa pengerahan pasukan dan roket di jalur Gaza itu berhasil menembus perbatasan Israel.

Kelompok Hamas menamai serangan ini sebagai Operasi Badai Al-Aqsa. Sementara Israel yang menyatakan kondisi ini sebagai perang, melancarkan serangan balasan bernama Operasi Padang Besi.

Operasi Badai Al-Aqsa merujuk pada nama masjid yang menjadi salah satu tempat suci bagi umat Islam selain Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Berlokasi di Yerusalem Timur, Masjid Al-Aqsa menjadi saksi bisu dalam konflik antara Israel dan Palestina.

Berikut sejarah Masjid Al-Aqsa dan beberapa fakta yang dirangkum oleh IDN Times.

1. Tempat singgah Nabi Muhammad SAW saat Isra Mi'raj

Sejarah Masjid Al-Aqsa, Kiblat Pertama Umat IslamIlustrasi Masjid Al Aqsa (Pixabay.com/Boubakar)

Umat muslim meyakini bahwa Nabi Muhammad sempat singgah di Masjid Al-Aqsa. Hal ini dilakukannya ketika dalam perjalanan Isra Mi'raj langit.

Tempat pijakan Nabi Muhammad tersebut berbentuk batu. Kini, batu tersebut terdapat di dome of the rock. Pada sejumlah hadis, Masjid Al-Aqsa juga merupakan masjid istimewa karena menjadi kiblat umat Islam generasi awal hingga 17 bulan setelah hijrah sampai kemudian dialihkan ke Kakbah di Masjidil Haram.

Dalam sudut pandang umat Muslim, Nabi Muhammad diangkat ke Sidratul Muntaha dalam peristiwa Isra Mi'raj dari tempat ini setelah sebelumnya dibawa dari Masjid Al Haram di Mekah. 

2. Kubah pertama di dunia Islam

Sejarah Masjid Al-Aqsa, Kiblat Pertama Umat IslamPixabay.com

Kubah di Dome of Rock dibangun oleh Abdul Malik bin Marwan yang berasal dari Dinasti Umayyah. Kubah ini disebut-sebut sebagai kubah pertama yang dibangun di dunia Islam.

Semula kubah ini merupakan kubah kayu yang dilapisi keramik. Pada masa kekuasaan Turki Utsmani , kubah tersebut lantas diperbaiki dan bagian bawah dilapisi marmer seperti yang tertulis dalam buku Jerusalem: Satu Kota Tiga Iman.

Baca Juga: 7 Fakta Unik 41 Tahun Masjid Istiqlal, Karya Terbaik Anak Pendeta

3. Pernah hancur karena perang dan bencana

Sejarah Masjid Al-Aqsa, Kiblat Pertama Umat Islamtheguardian.com

Masjid Al-Aqsa pernah hancur, pernah juga dibakar. Beberapa kali masjid Al Aqsa hancur karena invasi dan peperangan. Meskipun pada akhirnya dibangun kembali.

Masjid ini juga pernah hancur karena bencana. Contohnya, pada abad ke-7, masjid ini hancur akibat gempa bumi yang terjadi di wilayah Yerusalem.

Pada saat pendudukan Israel di tahun 1976, kerusakan kompleks di Masjid Al Aqsa tak bisa terhindarkan.

4. Punya mimbar buatan orang Indonesia

Sejarah Masjid Al-Aqsa, Kiblat Pertama Umat IslamPixabay.com/martini_pur

Pada 1969, Masjid Al-Aqsa diketahui terbakar. Dalam insiden tersebut, mimbar Nurudin Zanki atau yang dikenal dengan mimbar Shahlahuddin turut terbakar. Raja Yordania kala itu, Abdullah bin Husein II lantas memprakarsai pembuatan replika mimbar masjid.

Dikutip dari nu.or.id, laporan Adra Relief Internasional menyatakan lembaga swadaya masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap urusan Palestina memiliki tiga dari lima orang yang ditugaskan untuk membuat mimbar masjid Al-Aqsa berasal dari Jepara, Indonesia.

5. Dijadikan tempat sampah oleh bangsa Romawi

Sejarah Masjid Al-Aqsa, Kiblat Pertama Umat IslamPixabay.com

Pada masa kependudukan Romawi, Kompleks Al-Aqsa pernah dijadikan tempat pembuangan sampah. Kala itu, umat Yahudi tidak diperbolehkan tinggal di kota tersebut.

Setelah Umar bin Khatab berhasil membebaskan kota dari Romawi, Umar akhirnya menyingkirkan sampah-sampah itu dengan tangannya sendiri. Ia juga memperbolehkan umat Yahudi kembali ke Yerusalem setelah diasingkan berabad-abad lamanya.

Itulah fakta tentang Masjid Al-Aqsa, tertarik untuk mengunjungi?  

Baca Juga: Hampir Bersamaan dengan Notre Dame, Terlihat Api di Masjid Al-Aqsa 

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Bella Manoban
  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya