Comscore Tracker

Absen di Pemakaman Ani Yudhiyono, 3 Tokoh Besar Ini Punya Alasan

JK tengah pemulihan usai sakit

Jakarta, IDN Times - Tiga tokoh nasional tampak tidak hadir menyampaikan dukacitanya secara langsung atas kepergian mantan Ibu Negara, Ani Yudhoyono. Sejak jenazah Ani diterbangkan dari Singapura dan tiba di Indonesia pada Sabtu (1/6), ketiga sosok tersebut tak nampak sama sekali batang hidungnya.

Padahal, sejumlah tokoh nasional tampak menghadiri pemakaman istri Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono itu di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6). Mulai dari sejumlah petinggi negara hingga tokoh publik, bahkan tampak hadir sejak di rumah duka di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (1/6).

1. Wakil Presiden Jusuf Kalla tengah dalam pemulihan setelah sakit

Absen di Pemakaman Ani Yudhiyono, 3 Tokoh Besar Ini Punya AlasanANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla tengah menjalani masa pemulihan atas saran dokter pasca-dirinya jatuh sakit.

Hal ini membuat JK tak dapat hadir untuk memberikan penghormatan terakhir dan juga ucapan duka cita kepada keluarga Yudhoyono.

Namun, istri JK, Mufidah Jusuf Kalla hadir langsung ke rumah duka di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, menyampaikan belasungkawa sekaligus mewakili Jusuf Kalla.

Baca Juga: 4 Fakta Tentang Ibu Ageng, Ibunda Ani Yudhoyono

2. Prabowo Subianto tengah berada di luar negeri

Absen di Pemakaman Ani Yudhiyono, 3 Tokoh Besar Ini Punya AlasanInstagram.com/@prabowo

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dikabarkan tengah berada di luar negeri ketika Ani Yudhoyono mengembuskan napas terakhirnya. Akibatnya, ketua umum Partai Gerindra ini tidak dapat hadir, baik di rumah duka Puri Cikeas ataupun di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, untuk mengungkapkan duka citanya.

Prabowo sempat mengunggah fotonya bersama Ani Yudhoyono dalam akun Instagramnya, @prabowosubianto, sebagai bentuk ungkapan duka citanya. Prabowo lantas menuju ke Puri Cikeas untuk menyampaikan duka cita kepada keluarga Yudhoyono setibanya di Indonesia pada Senin (3/6) sore.

3. Sandiaga Uno Lebaran di Amerika

Absen di Pemakaman Ani Yudhiyono, 3 Tokoh Besar Ini Punya AlasanInstagram.com/@sandiuno

Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, juga tampak tidak hadir di rumah duka dan saat pemakaman Ani Yudhoyono. Dia telah bertolak ke Amerika untuk merayakan Lebaran bersama keluarganya di negeri Paman Sam tersebut.

Seperti Prabowo, Sandiaga mengunggah foto di Instagramnya disertai keterangan foto sebagai kalimat bela sungkawa dari dirinya pada keluarga Ani Yudhoyono. Foto tersebut menampilkan wajah SBY dan Ani.

"Innalillahi wa’inna ilaihi rojiun. Selamat jalan Ibu @aniyudhoyono. Insya Allah husnul khotimah. Saya dan tentunya seluruh masyarakat Indonesia tidak akan bisa lupa jasa-jasa yang Ibu pernah berikan kepada Bangsa ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, dan mari kita semua berdoa untuk Ibu Ani, semoga Allah memberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya, mengampuni segala dosanya dan menerima segala amal ibadahnya. Aamiin ya rabbal alamin," tulis Sandiaga di Instagramnya (@sandiuno).

Baca Juga: Begini Alasan Prabowo Terlambat Takziah ke Kediaman Ani Yudhoyono

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You