Begini Dampak Gempa Magnitudo 4,0 yang Guncang Kota Bogor

Beberapa warga terpaksa mengungsi

Jakarta, IDN Times - Gempa bermagnitudo 4,0 yang mengguncang Kota Bogor pada Jumat, 8 Desember 2023 berdampak hingga ke beberapa wilayah di sekitar Kota Bogor. Gempa diketahui berpusat di darat, 25 km Barat Daya Kota Bogor dengan kedalaman 5 km.

Adapun area yang terdampak adalah beberapa wilayah sekitar Kota Bogor, seperti Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Terkait kejadian tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat, untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi gempa bumi.

Warga diminta menghindari bangunan yang retak dan rusak akibat gempa karena sewaktu-waktu dapat roboh, dan memastikan struktur bangunan rumah tetap kokoh sebelum kembali ke dalam rumah pascagempa. Serta mendapatkan informasi terkini dari lembaga berwenang agar tidak terpengaruh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: Gempa Bumi 5,4 SM di Sukabumi, Getarannya Terasa hingga Bandung

1. Beberapa warga terpaksa mengungsi

Begini Dampak Gempa Magnitudo 4,0 yang Guncang Kota BogorSuasana pengungsian bagi warga terdampak Gempa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 9 Desember 2023 (dok.BPBD Kabupaten Bogor)

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan pada Sabtu (9/12/2023) pukul 07.00 WIB, gempa dirasakan di Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor hingga menyebabkan 144 Kepala Keluarga (KK) atau 249 warga terdampak. Tercatat pula ada 11 KK atau 44 warga yang terpaksa mengungsi ke tempat lebih aman, seperti tenda yang disiapkan BPBD dan di depan rumah masing-masing.

“Warga mengungsi ke rumah saudara atau orang tuanya. Kemarin kita menyiapkan tenda untuk warga yang mengungsi, hari rencananya akan menambah tenda lagi karena hasil assessment perlu didirikan,” ujar Yudhistira selaku Sekretaris BPBD Kabupaten Sukabumi dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/12/2023).

2. Catatan kerusakan dampak gempa Bogor

Begini Dampak Gempa Magnitudo 4,0 yang Guncang Kota BogorSejumlah petugas melakukan pemantauan kondisi terdampak gempa yang merusak sejumlah rumah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat, 8 Desember 2023 (dok.BPBD Kabupaten Bogor)

Tercatat tiga unit rumah mengalami rusak berat, 18 unit rumah rusak sedang, dan 52 unit rumah rusak ringan. Kerusakan juga menimpa satu masjid, dua musala, satu Sekolah Dasar, satu PAUD, dan satu fasilitas MCK.

Gempa juga bedampak hingga ke wilayah Kabupaten Sukabumi. Tepatnya di wilayah Kecamatan Kabandungan. Tercatat 11 unit rumah mengalami rusak berat, 36 unit rumah rusak sedang, dan 58 unit rumah rusak ringan.

Dilaporkan, sebanyak sembilan kepala keluarga memilih mengungsi ke rumah kerabat untuk sementara waktu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melakukan pendataan, menganalisa kejadian, mendirikan tenda pengungsi, berkoordinasi dengan pihak setempat dan melakukan kaji cepat.

Baca Juga: Bogor dan Majalengka Jadi Daerah Rawan Tertinggi Bencana di Jabar

3. Hasil kaji cepat sementara

Begini Dampak Gempa Magnitudo 4,0 yang Guncang Kota BogorSuasana pengungsian bagi warga terdampak Gempa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 9 Desember 2023 (dok.BPBD Kabupaten Bogor)

Hasil kaji cepat sementara yang dihimpun Pusdalops BPBD Provinsi Jawa Barat, menunjukkan kerusakan di Kabupaten Bogor meliputi; Desa Purwabakti (Kecamatan Pamijahan), Kampung Pada Jaya (RT 01, 02 RW 09), Kampung Pada Jembar (RT 04 RW 09), Kampung Cimapag (RT 01 RW 12).

Warga Kampung Pada Jaya dilaporkan terpaksa mengungsi ke kampung sebelah yang berjarak 200 meter, dengan total pengungsian 41 warga, termasuk satu ibu hamil dan dua balita.

Kerusakan juga terjadi di wilayah Kabupaten Sukabumi meliputi Kampung Pasirmasigit, Desa Cipeteuy di Kecamatan Kabandungan; Desa Mekarjaya; Desa Cihamerang; Desa Kabandungan; dam Desa Tugu Bandung.

Hingga saat ini, bantuan tanggap darurat sangat dibutuhkan, termasuk terpal dan tenda dome keluarga. BPBD mengonfirmasi satu unit tenda dome sudah terpasang dari KSB Kabandungan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya