Prioritaskan Keselamatan, Ini Fitur Baru yang Diluncurkan Grab

Jakarta, IDN Times - Sebagai salah satu provider transportasi umum online, Grab terus berusaha meningkatkan standar keselamatan baik bagi penumpang maupun mitra pengemudinya.

Guna memperbaiki, mengembangkan, dan terus memastikan faktor keamanan tersebut terjaga, Grab mengeluarkan fitur-fitur baru.

“Grab tidak pernah berkompromi tentang keamanan dan keselamatan,” kata Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab Indonesia.

Baca Juga: Aturan Baru Transportasi Online, Akankah Menguntungkan Semua?

1. Fitur Free Call bikin privasi lebih terjaga

Prioritaskan Keselamatan, Ini Fitur Baru yang Diluncurkan GrabIDN Times/Margith Juita Damanik

Fitur baru yang diluncurkan Grab adalah Free Call (VoIP). Dengan fitur ini, pengemudi dan penumpang dapat melakukan panggilan telepon secara gratis selain memberi keamanan lebih bagi kedua belah pihak.

Free Call (VoIP) ini membuat kedua belah pihak tak perlu khawatir nomor disalahgunakan. Keamanan dan privasi penumpang dan pengemudi menjadi semakin terjamin.

2. Bisa verifikasi wajah lewat swafoto

Prioritaskan Keselamatan, Ini Fitur Baru yang Diluncurkan Grabpexels.com/@rawpixel

Pelanggan yang bergabung dalam Grab, kini harus melakukan verifikasi wajah secara langsung. Verifikasi ini dilakukan sebagai bentuk identifikasi sebelum melakukan pemesanan kendaraan untuk pertama kalinya.

Fitur verifikasi wajah ini berfungsi untuk mencegah para pelaku kejahatan yang kemungkinan merencanakan tindak kriminal kepada pengemudi. Sehingga dengan fitur ini, diharapkan perlindungan bagi mitra Grab menjadi lebih ditingkatkan.

 

3. Penyamaran nomor telepon pemanggil

Prioritaskan Keselamatan, Ini Fitur Baru yang Diluncurkan GrabIDN Times/Margith Juita Damanik

Selain dua fitur baru yang disebutkan sebelumnya, Grab juga telah mengembangkan fitur number masking atau yang juga dikenal sebagai penyamaran nomor telepon pemanggil.

Dengan fitur ini, Grab akan menggunakan nomor virtual dalam setiap perjalanan dan pemesanan yang dilakukan. Sehingga keduanya tidak memiliki akses kepada nomor telepon pribadi antara pengemudi dan penumpang. 

4. Tanyakan ke pengemudi apakah ia punya fitur kamera keamanan ini di mobilnya

Prioritaskan Keselamatan, Ini Fitur Baru yang Diluncurkan GrabUnsplash.com/Dan Gold

Kamu bisa tanyakan ke pengemudi Grab, apakah mereka memiliki fitur satu ini di dalam mobilnya.

Fitur Grab Siaga adalah fitur berupa kamera keamanan yang dipasang di tiap Grab Car yang terdata di aplikasi.

“Fitur ini opsional. Hanya untuk pengemudi yang mau,” kata Neneng.

“Untuk biayanya, kami menyediakan subsidi antara Grab dengan pengemudi,” tambah Neneng lagi.

5. Melengkapi fitur-fitur yang telah dibuat sebelumnya

Prioritaskan Keselamatan, Ini Fitur Baru yang Diluncurkan GrabIDN Times/Abdurrahman

Fitur-fitur baru di atas dikembangkan Grab untuk melengkapi fitur-fitur keamanan yang telah ada. Sebelumnya, Grab juga telah mengembangkan fitur keamanan, seperti SOS Button dan Share My Ride. 

Fitur SOS Button alias tombol darurat memungkinkan para penumpang untuk mendaftarkan tiga nomor darurat dalam aplikasi Grab. Jika ada kondisi darurat, penumpang dapat menekan tombol tersebut dan sistem Grab pun akan memberikan pesan secara otomatis kepada kontak darurat yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Sementara, fitur Share my Ride membuat penumpang dapat membagikan rencana perjalanannya bersama Grab kepada orang-orang terdekat. Hal ini membuat pihak lain dapat melakukan pemantauan secara real time terhadap perjalanan yang tengah dilakukan, termasuk informasi estimasi waktu dan detail mitra pengemudi.

Baca Juga: Grab Beri Pelatihan Bela Diri untuk Pengemudi Perempuan

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya